Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan terakhir Grup E Euro 2024 mempertemukan Ukraina vs Belgia. Laga itu akan berlangsung di Stadion Stuttgart Arena pada Rabu, 26 Juni 2024, pukul 23.00 WIB.

Pada Grup E, peta persaingan terbilang unik karena keempat tim dalam grup sama-sama punya peluang lolos ke 16 besar. Ukraina, Belgia, Slovakia, dan Rumania saat ini mengoleksi tiga poin dari dua laga yang sudah dilakoni.

Melihat situasi yang sulit ini, Belgia mesti mengalahkan Ukraina jika ingin lolos sebagai juara grup. Namun, mereka juga mesti bergantung agar Slovakia tidak menang lawan Rumania.

Jika Belgia dan Rumania menang maka posisi The Red Devils punya kans di atas Tricolorii karena unggul head-to-head.

Belgia bisa saja menjadi runner-up jika menang atas Ukraina, tapi di laga lain Slovakia juga menang atas Rumania. Soalnya, Belgia kalah head-to-head dengan Slovakia.

The Red Devils juga dapat menjadi runner-up, apabila bermain imbang kemudian salah satu antara Slovakia dan Rumania menang.

Syarat sebaliknya juga berlaku bagi Ukraina. Mereka bisa menjadi juara grup jika menang, lalu Rumania tidak menang.

Ukraina akan menjadi runner-up jika berhasil menang dan di laga lain Rumania juga menang.

Sebagai informasi, dari segi pertemuan, Ukraina unggul atas Slovakia, tapi kalah dari Rumania.

Belgia menjadi tim yang cukup dijagokan di laga ini, tapi mereka juga tidak bisa menganggap remeh Ukraina.

Jika melihat dua laga yang dilakoni Ukraina, mereka memang belum sempurna. Namun, keberhasilan melakukan comeback di babak kedua melawan Slovakia, jelas perlu diwaspadai Belgia.

Mengantisipasi kecolongan dari Ukraina, Belgia masih bisa memanfaatkan kembali para pemain kunci seperti Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, maupun Youri Tielemans yang bisa jadi andalan pelatih Domenico Tedesco sejak menit awal.

Sementara Serhiy Rebrov selaku pelatih Ukraina juga bisa membangun pertahanan yang baik dengan mengandalkan komposisi seperti ketika melawan Slovakia. Anatoliy Trubin, Oleksandr Tymchyk, Volodymyr Brazhko, dan Andriy Yarmolenko bisa menjadi pilihan starter.