Bagikan:

JAKARTA - Kevin De Bruyne mencetak gol untuk menandai penampilan ke-100nya bagi Timnas Belgia dan membawa negaranya meraih kemenangan 2-0 atas Montenegro di Brussel pada Rabu 5 Juni dalam laga persahabatan pertama dari dua pertandingan sebelum menuju ke Piala Eropa 2024 (Euro 2024).

Kapten Belgia itu melepaskan tembakan jarak jauh satu menit sebelum babak pertama berakhir untuk memberi timnya keunggulan setelah kiper Montenegro terperangkap di posisi yang salah akibat kesalahan pertahanan.

Sebuah back pass di menit ke-44 memaksa Sarkic, yang bermain untuk Millwall, keluar dari kotaknya untuk mencoba menghalau bola, tetapi Lois Openda berhasil mencuri bola dan memberikan kesempatan bagi De Bruyne untuk mencetak gol dari jarak jauh untuk menandai laga istimewanya.

Ini merupakan pukulan telak bagi Matija Sarkic, yang lahir di Inggris, yang berhasil menahan serangan cepat Belgia hampir sepanjang babak pertama dengan serangkaian penyelamatan luar biasa. Terutama usaha dari Yannick Carrasco, yang memiliki empat peluang jelas untuk mencetak gol tetapi selalu gagal.

Sarkic melakukan penyelamatan brilian lainnya setelah jeda ketika tembakan Maxim De Cuyper yang terdefleksi tampak akan masuk ke pojok gawang, namun dia berhasil menepisnya.

Montenegro hampir saja menyamakan kedudukan melalui serangan balik Milutin Osmajic, yang mengekspos kurangnya kecepatan Axel Witsel yang kembali bermain untuk Belgia setelah pensiun dari tim nasional. Upaya Osmajic pada menit ke-60 berhasil diselamatkan oleh kiper Belgia Koen Casteels.

Leandro Trossard menggenapkan kedudukan melalui titik penalti pada detik terakhir pertandingan. Montenegro mungkin bisa menjaga skor tetap 1-0, tetapi mereka mengalami keruntuhan di akhir pertandingan dengan Milos Brnovic dikeluarkan dari lapangan karena kartu kuning kedua pada menit ke-88 sebelum Stefan Mugosa melanggar Jeremy Doku dan memberikan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Trossard.

De Bruyne ditarik keluar setelah babak pertama saat Belgia melakukan pergantian pemain dalam upaya memberikan kesempatan bermain kepada sebanyak mungkin pemain sebelum pertandingan pertama mereka di Euro 2024.

Mereka akan menjalani laga persahabatan kedua melawan Luksemburg di Brussel pada Sabtu 8 Juni sebelum bertolak ke Jerman minggu depan. Pertandingan pembuka Belgia di Euro 2024 adalah laga Grup E melawan Slovakia di Frankfurt pada 17 Juni. Mereka juga akan menghadapi Rumania dan Ukraina.