Bagikan:

JAKARTA - Olympiakos tampil sebagai juara Europa Conference League usai mengalahkan Fiorentina 1-0 di laga final di Stadion OPAP Arena, Athena, Kamis, 30 Mei 2024 dini hari WIB. Striker Ayoub El Kaabi mencetak satu-satuya gol kemenangan di extra time.

Olympiakos harus bekerja keras mengatasi perlawanan Fiorentina. Dalam pertandingan selama 90 menit, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Saat pertandingan dilanjutkan extra time Olympiakos berhasil memanfaatkan peluang mencetak gol. Keunggulan lewat gol di menit 116 itu bertahan sampai akhir laga sehingga tidak ada adu penalti.

Ini menjadi trofi pertama Olympiakos di kompetisi Eropa. Mereka juga menjadi tim pertama Yunani yang mampu menjadi juara di level Eropa.

Keberhasilan itu menjadikan tim asuhan Jose Luis Mendilibar berhak tampil di Liga Europa musim depan. Mendilibar sendiri pernah sukses membawa Sevilla menjadi juara Liga Europa 2023

Sebaliknya, Fiorentina untuk kali kedua secara berturut-turut kembali gagal. Pada edisi sebelumnya, tim Serie A Italia dipaksa menyerah oleh West Ham Unted.

Kini, La Viola gagal menjadi juara setelah dikalahkan Olympiakos. Sebelumnya di turnamen domestik, Coppa Italia, Fiorentina juga gagal. Di laga final, tim asuhan Vincenzo Italiano ini kalah 1-0 lawan Juventus.

Laga final itu sesungguhnya memberi sedikit keuntungan bagi Olympikos. Pasalnya laga digelar tidak di tempat netral.

Final berlangsung di stadion milik EK Athens, salah satu tm elite Yunani. Mereka pun tak ubahnya bermain di kandang sendiri.

Meski demikian Olympiakos harus bekerja keras menghadapi Fiorentina. Mereka mengandalkan striker Stevan Jovetic, mantan pemain depan Fiorentina.

Penyerang Montenegro ini mendapat beberapa peluang di pertandingan itu. Namun Jovetic gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Peluang terbaik diperoleh pada menit-menit awal extra time. Hanya saja, kiper Pietro Terracciano mampu melakukan penyelamatan secara gemilang.

Saat pertandingan diperkirakan diselesaikan lewat adu penalti, Al Kaabi teryata sukses membobol gawang Fiorentina. Berawal dari umpan silang Santiago Hezze yang disambut dengan sundulan El Kaabi.

Bola pun meluncur ke gawang lawan dan gol yang tercipta saat pertandingan tersisa lima menit itu menjadi sejarah bagi Olimpiakos.

Skor 1-0 untuk tim Yunani itu dan bertahan sampai akhir laga. Mereka pun tampil sebagai juara.