Bagikan:

JAKARTA – Laptop apa pun, termasuk MacBook, hendaknya dibersihkan secara rutin agar perangkatnya bisa berumur panjang. Namun, Anda tidak boleh menggunakan alat yang salah dalam membersihkan MacBook.

Di era masifnya penggunaan media sosial saat ini, Anda mungkin menemukan informasi yang salah mengenai cara membersihkan MacBook Anda. Berikut ini beberapa alat yang tidak boleh Anda gunakan untuk membersihkan MacBook, dikutip dari Makeuseof.

Menggunakan Larutan Berbasis Alkohol

Kesalahan terbesar saat membersihkan MacBook adalah menggunakan larutan yang memiliki alkohol seperti penghapus cat kuku. Meski Apple menyarankan pengguna memakai larutan isopropil alkohol 70 persen, Anda tidak bisa menggunakan sembarangan alkohol.

Awalnya, alkohol yang Anda beli mungkin berfungsi dengan baik dalam menghilangkan kotoran. Namun, lama-kelamaan warna MacBook Anda akan memudar di beberapa tempat karena alkohol biasa dapat menimbulkan korosi pada aluminum.

Oleh karena itu, pastikan Anda hanya menggunakan laturan isopropil, sesuai dengan ketentuan MacBook. Anda juga harus menggunakan kain mikrofiber yang lembab dan tidak berbulu agar MacBook bisa dibersihkan dengan mudah.

Menggunakan Tisu atau Kain Apa Pun

Saat Anda sedang makan di sekitar MacBook dan menjatuhkan sisa makanan tanpa sengaja, Anda mungkin terlalu malas untuk bangun dan mencari kain mikrofiber. Biasanya, saat hal ini terjadi, alternatifnya adalah menggunakan tisu atau kain biasa.

Jika perangkat Anda tidak mengalami masalah, Anda mungkin beruntung. Namun, beberapa orang menyadari bahwa bagian yang dibersihkan akan meninggalkan goresan mikro atau sisa serat. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan tisu dan kain biasa.