Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketika MacBook atau laptop Apple lainnya terkena air, itu bisa jadi musibah. Air bisa merusak komponen-komponen di dalam laptop, membuatnya tidak berfungsi dengan optimal atau bahkan rusak total. Lantas, apakah MacBook yang terkena air bisa diperbaiki? Bagaimana cara mengatasi MacBook terkena air?

Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Tergantung seberapa parah kerusakan yang disebabkan oleh air. Meski begitu, ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk memberbaiki Macbook yang terkena air, namun semuanya tergantung pada jenis kerusakan dan seberapa parahnya.

Cara Mengatasi MacBook Terkena Air

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi MacBook yang terkena air:

1. Matikan perangkat secepat mungkin

Bila MacBook Anda terkena air, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan perangkat secepat mungkin.

Langkah ini dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada laptop Anda. Setelah mematikan dayanya, jangan mencoba untuk menghidupkan Kembali hingga Anda yakin semua komponen yang ada di dalam MacBook benar-benar sudah kering.

2. Lepaskan Magsafe atau Charger

Selain mematikan perangkat, Anda juga perlu melepaskan charger. Langkah ini untuk mencegah arus listrik masuk ke dalam perangkat ketika posisinya terkena air.

Bila charger tidak dicopot, siraman air pada MacBook bisa menyebabkan korsleting pada komponen baterai, port colokan charger, atau komponen lain yang melepaskan transfer daya besar.

Selain charger, copot juga koneksi kabel lain seperti kabel USB dan lain sebagainya. Usahakan MacBook clean tanpa sambungan apapun.

3. Lepaskan baterai dari perangkat

Usai mematikan MacBook dan mencopot charger, lepaskan baterai dari perangkat secepat mungkin. Ini dapat membantu mencegah kerusakan pada baterai dan juga mencegah MacBook Anda menyala sendiri.

4. Keringkan perangkat dengan tisu atau kain microfiber

Langkah berikutnya yakni mengeringkan MacBook dengan kain microfiber atau tisu untuk menghapus kelembapan di permukaan laptop.

Bersihkan bagian yang terkena air dengan cara tap-tap bukan dengan mengisap permukaan. Hal ini untuk mencegah air mengalir dan masuk ke komponen di sebelahnya.

Selain itu, jangan goyangkan laptop, sebab bisa memberi kesempatan untuk air mengalir ke permukaan lain.

Setelah permukaannya kering, letakkan MacBook dalam posisi terbalik dan biarkan kering selama beberapa jam. Pastikan bahwa perangkat Anda sudah benar-benar kering sebelum mencoba menyalakannya.

5. Bawa MacBook ke pusat layanan

Jika MacBook Anda tidak berfungsi setelah mencoba langkah-langkah di atas, Anda perlu membawanya ke pusat layanan resmi Apple. Mereka memiliki teknisi yang terlatih untuk memperbaiki kerusakan akibat terkena air. Akan tetapi, perlu diingat bahwa memperbaiki MacBook yang terkena air mungkin membutuhkan biaya yang tidak sedikit.