Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air, Lakukan Beberapa Langkah Ini, Jangan Panik!
Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ponsel merupakan salah satu gadget yang paling banyak digunakan saat ini. Sayangnya, air dapat merusaknya. Kerusakan air dapat menyebabkan perangkat Anda berhenti bekerja seluruhnya atau hanya sebagian (tombol tidak berfungsi atau bergetar lagi), tergantung pada berapa lama Anda menggunakannya saat basah. Jika Anda menjatuhkan ponsel ke kolam, laut, toilet, atau bahkan wastafel, berikut adalah beberapa tips tentang cara mengatasi speaker hp kemasukan air.

Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air

ilustrasi air (Unsplash)
Ilustrasi air (Unsplash)

 

Matikan Gadget

Jika perangkat dihidupkan saat Anda menjatuhkannya ke air, matikan secepat mungkin. Jika tidak memungkinkan, keluarkan baterai dan kartu SIM (jika ada). Keringkan dengan kain bersih atau kapas, lalu biarkan sisa air keluar dengan meletakkan ponsel terbalik di atas kain bersih selama 10-15 menit.

Jika Anda dapat mematikan perangkat, biarkan dalam keadaan mati sampai Anda siap untuk memperbaikinya, jangan coba-coba menggunakannya selama ada kemungkinan sirkuitnya basah.

Gunakan Penyedot Debu

Langkah selanjutnya yang harus kami sebutkan adalah penggunaan penyedot debu untuk ponsel. Kedengarannya seperti ide yang tidak biasa, tetapi perangkat khusus dapat mengeluarkan semua cairan dari telepon melalui speaker dan lubang lainnya, termasuk yang mungkin sulit diakses dengan cara lain. Anda juga dapat menggunakan penyedot debu rumah atau mobil Anda selama memiliki nozel kecil.

Pengering Rambut Dapat Digunakan untuk Menghilangkan Air

Anda juga dapat mencoba menggunakan pengering rambut, meskipun Anda harus memegangnya sangat dekat dengan area yang terkena selama beberapa menit. Tantangannya di sini bukanlah berapa lama Anda perlu menyimpannya, tetapi seberapa sering Anda perlu mengulangi proses ini, karena mungkin diperlukan waktu hingga sepuluh atau lima belas menit untuk semua air menguap, tergantung pada seberapa banyak air yang dibutuhkan. teleponnya.

Bongkar Ponsel Anda dan Keluarkan Air Dari Komponen Internalnya

Jika Anda tidak memiliki akses ke salah satu perangkat ini, pembongkaran perangkat Anda mungkin diperlukan. Itu bukan sesuatu yang kebanyakan orang dapat melakukannya sendiri, tetapi Anda juga tidak boleh membawanya ke layanan yang tidak sah karena dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

Jika ini kasus Anda, cari bengkel terpercaya di dekat Anda dan bawa ponsel Anda setelah Anda siap untuk membiarkan mereka mengerjakannya. Anda juga harus tahu bahwa tidak semua merek mengizinkan pembongkaran ponsel mereka, jadi jika Anda memiliki salah satunya, mungkin ide yang lebih baik untuk membiarkan seorang profesional menangani telepon, terutama karena mereka memiliki alat dan pengalaman untuk melakukan ini dengan aman.

Setelah membongkar telepon dan memeriksa apakah ada tanda-tanda air di dalam, jika Anda menemukan jejak air, jatuhkan beberapa butir beras ke dalam speaker telepon Anda dan tunggu beberapa jam, periksa sesekali untuk melihat apakah beras menyerap semua kelembaban.

Jika tidak, ulangi proses ini sampai tidak ada tanda-tanda air tersisa (biasanya 2-3 kali dengan waktu tunggu 30 menit antara masing-masing harus dilakukan). Jangan pernah meninggalkan perangkat Anda dengan sirkuit basah semalaman atau bahkan selama beberapa hari!

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, bersihkan ponsel Anda menggunakan kain kering dengan lembut namun menyeluruh. Kemudian, silakan pasang kembali dengan ponsel Anda, ikuti panduan kami tentang memasang kembali ponsel.

Bawa ponsel Anda ke bengkel

Proses ini akan memungkinkan Anda untuk menyimpan perangkat Anda. Namun, jika indikator kerusakan air (yang dapat ditemukan di beberapa ponsel di dekat baterai) tersandung, mungkin sudah terlambat, dan kami menyarankan Anda membawa perangkat Anda ke bengkel di mana mereka akan dapat menentukan kondisinya dan Langkah selanjutnya. (saya akan merekomendasikan membawanya ke toko apel).

Jika tidak ada tanda-tanda air di dalam perangkat Anda setelah mencoba tips ini, biarkan trik beras selama 48 jam sebelum menyalakan perangkat Anda lagi, ini akan memeriksa ulang apakah ada jejak air yang tersisa di dalamnya.

Jangan pernah memaksa ponsel Anda terbuka kecuali diperlukan karena sealant mungkin telah mengunci beberapa bagian, jadi merusaknya dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki atau setidaknya membuat perangkat Anda membongkar dan memasang kembali prosesnya jauh lebih sulit.

Tips lainnya

Untuk iPhone

Jika Anda menjatuhkan iPhone ke dalam air, jangan langsung menyalakannya setelah mengeringkannya! Sebagai gantinya, Anda perlu mendapatkan paket beras atau silika gel dan memasukkannya ke dalam kantong Ziploc, lalu meletakkan kantong di bawah sinar matahari langsung setidaknya selama 24 jam sebelum mencoba langkah lebih lanjut.

Matahari akan mempercepat proses pengeringan secara eksponensial dengan menarik semua kelembapan dari dalam ponsel Anda. Setelah masa tunggu selesai, masukkan iPhone Anda ke dalam kantong Ziploc baru yang setengahnya berisi nasi mentah (jangan gunakan nasi yang sudah dimasak karena akan mengembang saat dipanaskan). Ganti nasi setiap dua hari sampai tidak ada lagi pengembunan di dalam kantong, dan sekarang Anda dapat mencoba menyalakannya.

Untuk Android

Jika perangkat android Anda basah, keringkan secara menyeluruh dengan kain lembut dan keluarkan baterai dan kartu SIM jika tersedia. Kemudian, masukkan paket gel silika atau nasi mentah ke dalam kantong Ziploc (atau bahan pengering lainnya).

Perhatikan bahwa agar trik ini berfungsi dengan baik, Anda harus menggunakan pengering sebanyak mungkin, lalu segel Ziploc dengan kencang dan biarkan ponsel selama 2-3 hari sebelum mencoba yang lain untuk melihat apakah ada air yang tersisa di dalamnya. Karena menggunakan pengering rambut atau meletakkannya di bawah sinar matahari langsung akan merusak ponsel Anda dengan bagian internal yang terlalu panas meskipun metode ini sering berhasil.

Jika Anda tidak ingin melalui proses yang panjang ini, segera bawa ponsel Anda ke dealer/toko reparasi resmi jika memungkinkan, dan mereka akan dapat membantu Anda mengeringkan ponsel lebih lanjut tanpa menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Putar gelombang Suara Tertentu untuk menghilangkan air dari speaker ponsel

Gelombang suara untuk mengeluarkan air dari speaker ponsel, suara ini akan mengeluarkan air dari speaker ponsel Anda dan sepenuhnya menghilangkan air dari speaker ponsel Anda. Ini adalah cara terbaik untuk mengeluarkan air dari speaker ponsel Anda.

Setelah mengetahui cara mengatasi speaker hp kemasukan air, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!