Bagaimana Cara Mengatasi Speaker Ponsel Kemasukan Air? Begini Jawabannya
Ilustrasi ponsel android. (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketahui bagaimana cara mengatasi speaker HP kemasukan air agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Pasalnya, air mampu merusak komponen lain yang ada pada ponsel dengan mudah, terlebih saat air yang masuk ke dalam HP tidak segera dihilangkan.

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Speaker sendiri adalah perangkat keras outout yang fungsinya adalah mengeluarkan audio atau suara yang dihasilkan dari pemrosesan CPU ponsel. Saat sepaker kemasukan air, suara yang dikeluarkan jadi terganggu dan hasilnya juga tak maksimal.

Air bisa membuat suara ponsel jadi pelan meski volume diatur maksimal. Selain itu suara bisa terdengar cempreng, dan lebih parahnya lagi mati. Agar gangguan tersebut bisa diantisipasi, lakukan cara berikut ini.

  1. Matikan HP

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang pertama adalah mematikan ponsel  dan segera mengeluarkan baterai dan kartu SIM. Jika baterai ponsel adalah baterai tanam, Anda disarankan untuk membongkarnya pula. Tak perlu khawatir karena baterai tanam bisa diganti dengan mudah. Pencopotan ini dilakukan untuk menghindari korsleting.

  1. Bersihkan Air dengan Kain Lembut

Usahakan untuk membersihkan air pada bagian ponsel yang bisa dijangkau. Anda disarankan untuk menggunakan kain lembut yang menyerap air. Hindari kain berbahan polyester yang sulit menyerap air. Usap dengan perlahan air yang ada pada ponsel. Seteah itu posisikan ponsel dengan keadaan terbalik selama 10 menit. Gravitasi akan membantu air keluar dari dalam ponsel.

  1. Gunakan Fitur Pembersih Speaker

Setelah air dirasa kering, segera aktifkan fitur pembersih speaker. Cara kerja fitur ini adalah ponsel akan mengeluarkan nada tinggi. Disarankan untuk mengencangkan volume agar timbul vibrasi pada speaker sehingga air atau partikel yang mengganggu speaker akan hilang.

Jika ponsel Anda tak dilengkapi dengan fitur tersebut, Anda bisa mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

  1. Timbun dengan Beras

Cara ini dianggap tradisional namun masih ampuh membantu mengeluarkan air yang ada pada HP. Anda bisa menimbun ponsel dengan beras kering dalam waktu 12 jam agar hasilnya maksimal. Namun sebelum melakukannya, usahakan agar menutup lubang yang ada pada ponsel seperti lubang pada headset atau lubang charger agar beras tak masuk.

  1. Manfaatkan Silica Gel

Seperti beras, silica gel bermanfaat untuk menyerap kelembapan sehingga bisa digunakan untuk membantu menyerap air yang ada dalam ponsel. Cara menggunakan silica gel untuk menyerap air adalah dengan menempatkan HP ke dalam kotak atau wadah, kemudian masukkan beberapa silica gel. Setelah itu tutup kotak tersebut dan tinggu beberapa jam.

  1. Gunakan Hot Gun

Hot gun juga bisa membantu proses penguapan air yang mengganggu speaker. Hot Gun berbeda dengan hair dryer. Perbedaannya ada pada hawa panas dan angin yang disemburkan. Mengeringkan ponsel dengan hair dryer tidak disarankan karena kencangnya angin yang disemburkan berpotensi membuat air di dalam ponsel merambat ke komponen lain. Sedangkan hot gun yang hanya memiliki hembusan angin kecil lebih efektif untuk mempercepat penguapan.

  1. Gunakan Penyedot Debu

Cara ini bisa dipilih jika air tidak terlalu dalam masuk ke dalam ponsel. Penyedot debu bisa membantu air keluar dengan lebih mudah, namun Anda tetap harus hati-hati melakukan cara ini agar air tak menyentuh komponen lain pada ponsel.

Itulah beberapa cara mengatasi speaker HP kemasukan air. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.