Bagikan:

JAKARTA – Speaker merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan di perangkat, khususnya pada ponsel. Komponen ini sangat diperlukan untuk menghasilkan audio selama panggilan atau pemutaran lagu.

Jika speaker pada ponsel Android Anda bermasalah, bahkan tidak mau mengeluarkan audio sama sekali, ada beberapa hal yang bisa menjadi faktornya, mulai dari kotoran yang menyumbat lubang output hingga masalah pada perangkat lunaknya.

Namun, Anda tidak perlu panik karena beberapa masalah pada speaker masih bisa diatasi dengan mudah. Berikut ini beberapa tips yang dapat mengembalikan suara di speaker, dikutip dari Android Police.

Periksa Kotoran pada Ponsel dan Casing

Faktor yang mungkin membuat speaker Anda tidak mengeluarkan suara adalah kotoran yang menumpuk, baik pada lubang maupun pada casing. Saat kotoran menumpuk, speaker akan kesulitan dalam mengeluarkan output suara.

Jika Anda melihat kotoran pada lubang speaker, Anda bisa membersihkan kotorannya dengan menggunakan peniti atau jarum pentul berukuran kecil. Pastikan untuk tidak memasuki jarum terlalu dalam agar tidak merusak speaker di bagian dalamnya.

Perika Sambungan Perangkat Audio

Speaker pada ponsel Anda mungkin tidak memiliki masalah, tetapi ada perangkat yang sedang menghalangi speaker untuk berbunyi. Misalnya, Anda lupa untuk mematikan sambungan earbuds sehingga audionya masih keluar melalui perangkat audio tersebut.

Cara paling mudah adalah dengan mematikan Bluetooth. Saat teknologi nirkabel itu dimatikan, speaker ponsel akan kembali berfungsi. Anda juga perlu memeriksa apakah aplikasi yang ingin diputar sedang digunakan di perangkat lain.

Misalnya, saat Anda ingin memutar lagu di Spotify, tidak ada suara yang keluar meskipun lagu sudah berjalan. Kemungkinan besar, aplikasi ini sedang berjalan di perangkat lain sehingga Anda perlu mematikan sambungan aplikasi di perangkat yang tidak diinginkan.

Masalah pada Perangkat Lunak

Jika ponsel Android Anda masih tidak mengeluarkan suara setelah melakukan beberapa tips di atas, Anda bisa memperbaiki masalahnya dengan cara yang paling sederhana, yaitu mematikan ponsel dan menyalakan kembali setelahnya.

Terkadang, masalah pada speaker atau komponen ponsel lainnya muncul karena bug atau kesalahan perangkat lunak. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba cara ini, setelah itu periksa kembali apakah audio pada speaker sudah berfungsi seperti sebelumnya.