Ingin Dengarkan Suara Surround? Ini Cara Menghubungkan Ponsel dengan Dua Speaker Bluetooth
Ponsel Anda dapat dihubungkan dengan dua speaker bluetooth sekaligus. (foto: Howard Bouchevereau/unspalsh)

Bagikan:

JAKARTA - Perangkat Bluetooth sekarang sudah menjadi standar. Tetapi ketika Anda ingin mendapatkan efek suara surround atau berbagi musik Anda dengan orang lain di tempat yang sama, dengan sistem kabel, yang harus Anda lakukan hanyalah membeli splitter audio yang murah. Ternyata ada beberapa cara di mana Anda dapat melakukan hal serupa dengan koneksi Bluetooth.

Menghubungkan beberapa speaker atau headphone Bluetooth sangat bergantung pada peralatan yang Anda miliki, dan versi Bluetooth asli yang mendukung di ponsel Anda.

Misalnya, Bluetooth v4.2 hanya mendukung koneksi perangkat satu-satu hingga jarak 30 meter. Bluetooth v5, di sisi lain, memperluas koneksi hingga 120 meter dan memungkinkan Anda untuk memasangkan hingga dua perangkat sekaligus. Beberapa speaker dari Bose memiliki aplikasi audio sendiri yang menawarkan fungsionalitas untuk memasangkan dua speaker sekaligus. Namun, tidak semua perusahaan memberikan kemudahan tersebut.

Bagaimana menghubungkan dua headphone dan speaker Bluetooth ke satu telepon

Sebagian besar ponsel saat ini memungkinkan kemampuan audio ganda (di Android) dan berbagi audio (di iPhone), yaitu kemampuan untuk memutar audio dari dua perangkat secara bersamaan. Model iPhone 8 dan di atasnya mendukung fitur berbagi Audio.  

Langkah pertama adalah mencoba menghubungkan headphone dan speaker Anda satu per satu ke Bluetooth Anda saat Anda memasangkannya untuk pertama kalinya.

Demikian pula, jika Anda memiliki seri Samsung Galaxy S8 atau model yang lebih baru, maka perusahaan menawarkan opsi Audio Ganda yang memungkinkan pengguna untuk memasangkan beberapa speaker dan headphone sekaligus. 

Ini dapat ditemukan di Pengaturan Bluetooth. Pengguna lain dapat mencoba metode ini, asalkan mereka memiliki peralatan yang tepat:

1. Pengguna Android harus membuka Pengaturan Bluetooth dan memasangkan headphone atau speaker Bluetooth satu per satu.

2. Setelah terhubung, ketuk ikon tiga titik di sebelah kanan dan klik Pengaturan Lanjut. Aktifkan opsi 'audio ganda' jika belum diaktifkan. Ini akan memungkinkan pengguna untuk terhubung ke dua perangkat sekaligus.

3. Untuk pengguna yang menjalankan Android 10 dan di atasnya, mereka dapat mengakses perangkat Bluetooth mereka yang terhubung dengan mengklik Media di Quick Panel dan memilih kedua perangkat yang dipasangkan untuk output audio.

4. Pengguna iPhone harus pergi ke Pusat Kontrol. Ketuk ikon Airplay dan pilih headphone atau speaker nirkabel yang dipasangkan untuk mengeluarkan audio secara bersamaan. Membatalkan pilihan salah satu headphone atau speaker akan menghentikan pembagian audio pada perangkat tertentu.