Bagikan:

JAKARTA - Ada berbagai cara untuk mengeringkan ponsel yang basah, dan salah satu metode yang belakangan ini mendapatkan popularitas adalah dengan memutar video YouTube khusus yang diklaim dapat mengeluarkan air dari dalam ponsel. Tapi, apakah metode ini benar-benar efektif? Laporan terbaru mengungkapkan jawabannya.

Di YouTube, Anda akan menemukan berbagai video seperti "Suara untuk Menghilangkan Air dari Speaker Ponsel (Terjamin)" yang menjanjikan untuk mengeluarkan air dari ponsel Anda. Dalam kolom komentar, banyak pengguna yang berbagi pengalaman mereka saat ponsel mereka basah karena mandi, mencuci piring, berenang, dan lainnya, dan bersumpah bahwa video tersebut benar-benar berhasil.

Namun, apakah solusi ini benar-benar ampuh?

Menurut laporan dari The Verge, video-video ini memang bekerja—dalam batas tertentu. Video ini memanfaatkan kemampuan speaker ponsel untuk mendorong udara. Dengan memainkan suara rendah dan mengatur volume ke tingkat maksimal, video ini berupaya mengoptimalkan jumlah udara yang didorong oleh speaker, yang pada gilirannya mendorong air yang terperangkap keluar dari ponsel.

Eric Freeman, direktur senior riset di Bose, menjelaskan logika di balik ini kepada The Verge. "Frekuensi nada terendah yang dapat direproduksi oleh speaker pada volume tertinggi akan menciptakan gerakan udara yang paling besar, yang akan mendorong air yang terperangkap di dalam ponsel," kata Freeman.

Logika ini mirip dengan fitur water-ejecting yang ada pada Apple Watch. Namun, nada berosilasi yang mendorong air keluar dari ponsel tidak seefektif pada smartwatch karena adanya lebih banyak rongga di dalam ponsel.

Ketika diuji pada beberapa ponsel basah—iPhone 13, Pixel 7 Pro, Pixel 3, dan Nokia 7.1—dengan bantuan tim dari iFixit, speaker memang cukup kuat untuk mendorong sebagian air keluar melalui kisi-kisi speaker. Namun, efeknya hanya berlangsung sesaat dan tidak mampu menyelesaikan masalah dari titik masuk air lainnya seperti port USB atau slot SIM.

Singkatnya, hasil tes menunjukkan bahwa ketahanan air yang lebih baik pada ponsel Anda adalah faktor utama yang memungkinkan ponsel bertahan dari paparan air. Tetapi jika Anda ingin mencoba memutar salah satu video ini, tidak ada salahnya juga.