Bagikan:

YOGYAKARTA – Sepatu lembap dan basah tidak akan nyaman dipakai. Bahkan bisa jadi tempat berkembangbiak bakteri yang menyebabkan bau kaki atau bikin kaki lecet karena sepatu basah. Biar enggak mudah rusak, perhatikan cara mengeringkan sepatu dengan cepat berikut ini.

1. Pakai koran

Mungkin cara mengeringkan sepatu dengan cepat memakai koran ini, familiar bagi Anda. Pakailah koran yang sudah outdate, robek menjadi potongan kecil, remas hingga terbentuk bola-bola, lepaskan sol dalam sepatu, dan masukkan bola-bola koran tersebut ke dalam sepatu. Kemudian, letakkan sepatu tersebut di tempat yang kering dan biarkan semalaman. Kalau sepatu sangat basah, bisa mengganti koran setiap beberapa jam sekali. Bisa juga meletakkan di dekat radiator untuk mempercepat proses pengeringan.

cara mengeringkan sepatu dengan cepat
Ilustrasi cara mengeringkan sepatu dengan cepat (Freepik)

2. Menggunakan kipas angin

Menjemur sepatu di bawah terik matahari, mungkin akan membuatnya cepat rusak. Oleh karena itu, menggunakan kipas angin bisa jadi opsi mengeringkan sepatu dengan cara aman. Caranya, letakkan sepatu basah di atas selembar koran atau handuk untuk menyerap air. Kemudian nyalakan kipas angin dan letakkan sepatu tepat di aliran udara. Tetapi pastikan ikatan sepatu dilepas.

3. Memakai alat pengering sepatu

Terdapat alat yang didesain khusus untuk mengeringkan sepatu. Ini juga cara simple untuk mengeringkan sepatu. Pengering ini juga membantu menghilangkan bau tak sedap dari sepatu bot atau sepatu kets.

4. Gunakan beras

Kalau Anda punya banyak stok beras, bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan sepatu. Caranya, cari kotak kardus kosong lalu isi dengan beras dan masukkan sepatu didalamnya terkubur dalam beras. Cara mengeringkan sepatu dengan beras ini, hanya membutuhkan beberapa jam untuk menyerap air. Tetapi tergantung seberapa basah sepatu Anda. Kalau sangat basah, baiknya memakai koran untuk menyerap air lalu gunakan cara ini untuk menyerap air pada bagian tersembunyi.

5. Mengeringkan sepatu di belakang kulkas

Sepatu berbahan kanvas dan kain, dapat dikeringkan di belakang kulkas. Melansir Ask Team Clean, Rabu, 25 September, udara hangat di belakang kulas, membantu proses pengeringan. Langkahnya, lepaskan sol dalam yang basah lalu taruh di belakang kulkas menghadap ventilasi kulkas semalaman.

Itulah cara mengeringkan sepatu dengan cepat dan tidak membuat sepatu mudah rusak. Anda bisa juga mengeringkan sepatu dengan cara lain, tetapi tidak disarankan dikeringkan dengan udara terlalu panas karena bisa merusak sol dan struktur bahan sepatu.