Kaki Anda Sering Berkeringat? Begini Tips Mengatasinya
Ilustrasi (Jan Romero/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Terkadang, sebagian orang merasa kakinya sangat berkeringat saat cuaca begitu panas. Kondisi ini ternyata bisa disebabkan sejumlah hal, salah satunya sepatu yang dipakai.

"Kaki, seperti tangan, cenderung berkeringat di musim panas, terutama bila Anda mengenakan sepatu atau sandal dengan bahan yang tidak dapat memungkinkan kulit bernapas, " ujar pakar podiatrik di Step Up Footcare, New York, Nelya Lobkova seperti dikutip ANTARA dari Livestrong. 

Saat memilih sepatu, sebaiknya pilihlah yang bagiannya terdapat jaring udara. Seringkali, sepatu atletik merupakan pilihan yang baik karena dirancang untuk meningkatkan aliran udara.

Alasan lain kaki berkeringat, Anda tak mengenakan kaus kaki. Apabila kaki Anda sangat berkeringat, Anda fokuslah mengenakan kaus kaki yang terbuat dari bahan anti-lembap. Hindari bertelanjang kaki dengan sepatu yang terbuat dari bahan penangkap panas (seperti kulit), karena Anda hanya akan lebih banyak berkeringat.

Selain itu, perhatikan kecukupan air minum Anda. Hidrasi yang tepat membantu tubuh Anda tetap dingin. Apabila Anda tidak minum cukup air, tubuh akan berjuang untuk mengatur suhunya, mengakibatkan lebih banyak keringat, kata Lobkova.

Coba pertimbangkan kemungkinan Anda mengalami hiperhidrosis. Katakanlah kaki Anda banyak berkeringat, dan sepertinya jauh lebih banyak daripada orang kebanyakan. Kita berbicara tentang jenis berkeringat yang menyebabkan ada jejak kaki basah di lantai.

“Kaki berkeringat adalah hal yang umum, namun keringat berlebih jarang terjadi yang disebut hiperhidrosis,” kata Lobkova.

Anda mungkin termasuk di antara 5 persen populasi yang menderita hiperhidrosis bila kaki Anda berkeringat secara berlebihan hampir sepanjang waktu daripada dalam keadaan tertentu seperti cuaca panas atau saat berolahraga.

Menurut International Hyperhidrosis Society, perawatan yang secara efektif mengontrol keringat kaki termasuk menggunakan antiperspiran. Dampak kaki sangat berkeringat dan tips mengatasinya Kaki yang berkeringat bisa menjadi lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan masalah kesehatan seperti kutil dan infeksi jamur atau bakteri.

Tanda-tanda umum ada sesuatu yang salah misalnya bintik merah, bersisik atau gatal. Segeralah berkonsultasi dengan dokter atau ahli penyakit kaki untuk perawatan. Lalu, sebelum masalah muncul apa yang bisa dilakukan untuk menghentikan kaki sangat berkeringat? Cobalah merendam kaki menggunakan teh untuk menghilangkan keringat pada kaki. Buat secangkir teh hitam pekat, lalu tuangkan minuman tersebut ke dalam baskom berisi air dingin. Pastikan air memiliki suhu yang sesuai sebelum masuk ke kaki Anda.

"Teh hitam mengandung tanin, yang memiliki sifat astringent untuk menyempitkan kelenjar keringat dan mengurangi keringat," ujar Lobkova. Selain itu, Anda bisa menaburkan bedak pada kaki sebelum memakai kaus kaki, mensterilkan sepatu sebelum memakainya dan mengeringkan bagian dalam sepatu apabila dapat dilepas.