Alasan Tidak Boleh Pakai Parfum Saat Tubuh Berkeringat dan Tips Pemakaian saat Cuaca Panas
Ilustrasi pakai parfum (Ella Olsson-Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu pantangan pemakaian parfum adalah tidak menyemprotkannya saat tubuh sedang berkeringat. Pantangan tersebut dibuat bukan tanpa sebab. Bahkan alasan tidak boleh pakai parfum saat tubuh berkeringat cukup masuk akal dan membantu pemakai menghindari situasi yang tidak nyaman.

Alasan Tidak Boleh Pakai Parfum Saat Tubuh Berkeringat

Dikutip dari Vogue, ahli parfum Perancis Francis Kurkdjian menjelaskan bahwa parfum tidak bisa tahan terhadap kulit berkeringat. Bahkan, keringat atau bau alami yang keluar dari tubuh saat berkeringat akan mengalahkan parfum yang dipakai dengan sangat cepat.

Artinya alasan pakai parfum saat berkeringat bukan hal yang direkomendasikan adalah karena aroma keringat akan mendominasi bau badan Anda. Lebih parahnya lagi, penggunaan parfum akan sia-sia jika tak diperhatikan area penyemprotannya.

Agar aroma parfum lebih tahan lama, Francis Kurkdjian merekomendasikan untuk menyemprotkan sedikit parfum di pakaian, syal, atau parfum. Cara tersebut lebih direkomendasikan karena parfum akan terhindari dari keringat tubuh. Namun penyemprotan harus dilakukan secara berkala karena parfum lebih mudah hilang.

Tips Pakai Parfum di Cuaca Panas

Cuaca panas akan menyebabkan tubuh memproduksi keringat lebih sering dan lebih banyak. Saat itu terjadi, penggunaan parfum di kulit yang dilakukan secara sembarangan tentu akan sia-sia. Berikut ini tips pakai parfum saat cuaca panas.

  1. Hindari Semprot Parfum di Area yang Mudah Berkeringat

Munculnya keringat di anggota tubuh akan membuat cairan parfum hilang. Penyemprotan parfum di kulit saat cuaca panas sebenarnya bisa dilakukan, namun harus mempertimbangkan banyak hal. Misalnya, seberapa panas cuaca, apakah Anda lebih banyak waktu di luar atau dalam ruangan.

Agar lebih tahan lama, cobalah semprot parfum di area tubuh yang tak mudah berkeringat seperti belakang telinga. Hindari menyemprotkan parfum di dada, apalagi di ketiak.

  1. Tunggu Tubuh Kering Dulu

Jangan semprotkan parfum ketika tubuh basah karena keringat. Penyempotan tersebut sia-sia karena keringat akan menghapus parfum yang telah disemprotkan. Lebih parahnya lagi, aroma keringat akan bercampur dengan aroma parfum. Tentu saja keduanya bukan perpaduan yang baik untuk aroma tubuh Anda.

  1. Semprotkan di Rambut

Rambut aman dari keringat, sehingga bisa Anda jadikan sasaran penyemprotan parfum. Namun hindari penyemprotan yang berlebihan di rambut ya. Cukup berikan semprotan kecil di area rambut belakang dekat telinga.

  1. Pakai Lotion Netral

Lotion netral dalam artian tak memiliki wewangian sendiri. Sebelum menyemprotkan parfum usahakan untuk mengoleskan lotion aroma netral di kulit lebih dulu. Setelah itu baru semprotkan parfum di atas permukaan kulit yang telah diusap lotion.

Simak pula beberapa tips memilih wangi parfum untuk musim panas agar tubuh tetap harum dan tidak bau keringat.

Itulah alasan tidak boleh pakai parfum saat tubuh berkeringat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.