Bagikan:

YOGYAKARTA – Rambut palsu atau wig sering menjadi solusi instan bagi banyak orang yang ingin mengganti warna atau model rambut. Selain itu, rambut palsu juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada penderita kebotakan atau rambut rontok. Di balik fungsinya yang beragam, apakah rambut palsu perlu dicuci? Jawabannya dapat disimak dalam ulasan berikut ini.

Apakah Rambut Palsu Perlu Dicuci?

Perlu Anda ketahui, rambut palsu terbuat dari bahan fiber, bahan sintetis, dan sebagian berasal dari rambut orang asli. Oleh sebab itu, rambut palsu harus dirawat dengan benar, untuk mengindari rambut kusut dan tidak cepat rusak.

Selain itu, rambut palsu juga perlu dicuci secara berkala, sebab rambut palsu juga bisa mengumpulkan debu. Agar tidak merusak serat-serat benang wig dan melunturkan warnanya, Anda bisa menggunakan pembersih yang lembut. Cuci rambut palsu setelah dipakai selama 15-20 kali agar wig tidak cepat rusak.

Bagaimana Cara Mencuci Rambut Palsu?

Cara mencuci rambut palsu sebenarnya sangat mudah. Cukup rendam wig di dalam air berisi shampoo yang lembut selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, bersihkan dengan cara mengusap halus rambut palsu dari atas ke bawah untuk menghilangkan debu dan kotoran yang masih menempel.

Hindari memeras dan memelintir benang wig ketika mencuci rambut palsu. Selain itu, gunakan kekuatan sedang agar bentuk wig tidak rusak.

Bolehkah Menyikat Rambut Palsu Saat Dicuci?

Jangan menyikat rambut palsu saat dalam keadaan basah. Keringkan wig terlebih dahulu, kemudian tata dengan sisir khusus dan lakukan styling sesuai kebutuhan setelah rambut kalsu kering. Untuk rambut palsu berbahan sintesis, hindari penggunaan heat tools yang terlalu panas, sebab dapat melelehkan serat wig.

Bagaimana Cara Mengeringkan Rambut Palsu?

Untuk mengeringkan rambut palsu, gunakan handuk lembut atau kain microfiber dan tekan-tekan lembut wig hingga air terserap.

Jangan menggunakan hair dryer pada saat mengeringkan wig, khususnya pada rambut palsu berbahan sintetis. Penggunaan hair dryer bisa merusak tekstur wig dan membuat rambut palsu jadi semakin mengkilat.

Sebaiknya cukup angin-anginkan wig di tempat dengan ventilasi terbuka setelah diletakkan pada manekin wig.

Bagaimana Cara Menyimpan Rambut Palsu?

Rambut palsu yang sudah dicuci dan dikeringkan tidak boleh disimpak secara asal-salan. Sebaiknya gunakan manekin kepala khusus wig atau letakkan rambut palsu di wadah berbentuk bulat agar bentuk lapisan wig tidak berubah.

Jika ingin membawanya berpergian, gunakan kantong jaring penyimpan rambut palsu. Hindari juga melipat wig, sebagai gantinya gulung rambut palsu dengaan kantong jaring khusus tersebut. Menggulung wig dapat menjaga bentuk rambut palsu, dan kantong jaring akan melindungi rambut palsu dari debu.

Demikian informasi tentang apakah rambut palsu perlu dicuci. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.