Menanti Kejutan Tiga Tim Italia di Final Kompetisi Eropa, Siapa yang Akan Membawa Pulang Piala?
Inter Milan lolos ke final Liga Champions. (Foto: Twitter/@Inter)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kompetisi Eropa merupakan ajang bergengsi bagi tim sepak bola di Benua Biru. Di musim kali ini, tim asal Liga Italia menunjukkan taringnya. Ada tiga tim Italia di final kompetisi Eropa, yaitu dalam Liga Champions, Liga Eropa, dan Conference League. 

Liga Italia atau Serie A merupakan salah satu dari lima liga top Eropa. Namun bisa dikatakan masih kalah bersinar dibanding Premier League dan LaLiga dalam beberapa waktu terakhir. Penyebab kompetisi di Negeri Pizza sulit berkembang pada masa-masa sebelumnya yakni karena adanya krisis keuangan yang menimpa sejumlah klub. 

Dalam satu dekade terakhir, kompetisi Eropa selalu didominasi oleh klub dari Liga Inggris dan Liga Spanyol. Namun di musim 2022/2023, tim-tim Italia mulai bangkit. Terbukti ada tiga tim Italia di final kompetisi Eropa.

Tiga Tim Italia di Final Kompetisi Eropa

Tiga tim Italia yang berhasil melenggang sampai babak final kompetisi Eropa adalah Inter Milan, Fiorentina, dan AS Roma. Ketiga klub tersebut akan menjalani laga penting memperebutkan gelar juara di tiga kompetisi yang berbeda. 

Inter Milan

Inter Milan mampu mengamankan tiket final Liga Champions setelah berhasil mengalahkan AC Milan di babak semi final. Nerazzuri sukses menumbangkan rival sekotanya dengan skor agregat 3-0. 

Pada leg pertama, Inter Milan menang 2-0 dari AC Milan dengan gol dari kaki Edin Dzeko dan Henrikh Mkhitaryan. Sementara di leg kedua, tim asuhan Simone Inzaghi tersebut unggul 1-0 atas Milan melalui gol dari Lautaro Martinez. 

Inter Milan pun akan menghadapi klub raksasa Inggris Manchester City dalam laga final Liga Champions. Pertandingan final akan digelar di Istanbul, Turki, pada MInggu (11/6/2023) pukul 02.00 WIB. 

Fiorentina

Fiorentina mengejutkan publik pencinta bola setelah sukses mengamankan tiket final Conference League. Fiorentina melaju ke babak final setelah mengalahkan wakil Swiss FC Basel. La Viola berhasil menaklukan FC Basel dengan skor agregat 4-3. 

Fiorentina akan menjalani babak final melawan wakil Inggris yaitu West Ham United. Laga final akan digelar di Praha, Republik Ceko, pada Kamis (8/6/2023) pukul 02.00 WIB. 

AS Roma

AS Roma turut meramaikan laga final Liga Europa yang akan digelar di Budapest pada Kamis (1/6/2023) pukul 02.00 WIB. Roma berhasil melangkah ke babak final setelah menumbangkan wakil Jerman Bayer Leverkusen dengan agregat skor 1-0. Roma akan tampil di final Liga Europa melawan Sevilla. 

Demikianlah ulasan tiga tim Italia di final kompetisi Eropa. Laga final tiga kompetisi bergengsi di Eropa ini telah dinantikan oleh para pecinta sepak bola. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.