Bagikan:

JAKARTA – Real Madrid akan berusaha untuk meraih gelar Piala Dunia Antarklub kelima mereka saat berhadapan dengan Al-Hilal pada partai final di Stadion Prince Moulay Abdellah, Maroko, Minggu, 12 Februari dini hari nanti.

Empat tahun setelah meraih gelar Piala Dunia Antarklub terakhir mereka pada 2018 lalu, Los Blancos kembali memastikan tempat mereka di final kompetisi tahun ini setelah mengalahkan Al Ahly 4-1 di babak semifinal pada hari Rabu.

Los Blancos telah memenangkan empat trofi dari lima kesempatan sebelumnya bermain di kompetisi ini. Sementara itu, bagi Blue Waves ini adalah pertama kalinya mereka bermain pada babak final di ajang tersebut.

Madrid datang dengan status sebagai tim paling sukses di ajang ini dengan koleksi empat gelar yang mereka miliki. Dari empat kali kesempatan masuk final, mereka tidak satu satu kali pun pulang tanpa trofi.

Juara Liga Champions Eropa musim lalu itu pernah berlaga di Piala Dunia Antarklub edisi perdana pada tahun 2000 lalu. Namun, pada saat itu mereka gagal mencapai final dan akhirnya finis di urutan keempat setelah kalah dari Necaxa dalam perebutan tempat ketiga.

Los Blancos kemudian harus menunggu selama 14 tahun untuk mengangkat trofi pertama mereka dari ajang ini pada 2014 lalu. Ketika itu mereka yang diasuh Carlo Ancelotti memastikan diri juara setelah mengalahkan San Lorenzo di final.

Tiga kemenangan berikutnya terjadi setelah itu. Rinciannya mengalahkan Kashima Antlers pada tahun 2016, menang atas Gremio pada tahun 2017, dan terakhir Al-Ain pada tahun 2018.

Dalam sejarah berlangsungnya kompetisi ini, tidak ada tim yang telah memenangkan lebih banyak pertandingan (10) atau mencetak lebih banyak gol (32) dari Real Madrid.

Sementara itu, Ancelotti berusaha untuk menyamai Pep Guardiola sebagai pelatih tersukses di kompetisi ini dengan tiga kemenangan di turnamen ini. Juru taktik Italia itu sebelumnya menang di tahun 2014 bersama Los Blancos dan di tahun 2007 bersama AC Milan.

Perkiraan Formasi

Real Madrid (4-3-3): Lunin; Carvajal, Nacho, Rudiger, Alaba; Kroos, Tchouameni, Modric; Valverde, Rodrygo, Vinicius Jr

Al-Hilal (4-2-3-1): Al-Mayouf; Abdulhamid, Jang, Al-Bulaihi, N. Al-Dawsari; Kanno, Cuellar; Marega, Vietto, Al-Dawsari; Ighalo