Profil dan Biodata Daniel Marthin, Pemilik Smash Terkuat yang Menjadi Jawara Thailand Masters
Daniel Marthin dan Leo Rolly Carnando (Foto: Twitter-@INABadminton)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil dan biodata Daniel Marthin adalah pebulutangkis ganda putra Indonesia yang berhasil menjuarai dua turnamen BWF secara beruntun, yakni Indonesia Masters dan Thailand Masters 2023. Gelar tersebut diraih Daniel bersama Leo Rolly Carnando.

Dalam pertandingan final Indonesia Masters 2023 yang dipentaskan di Istora GBK Senayan, Jakarta, Minggu, 29 Januari 2023 malam, pasangan Leo/Daniel sukses menghajar ganda putra China, He ji Ting/Zhou Hao Dong dengan skor 21-17 dan 21-16.

Sementara dalam ajang Thailand Masters, Leo/Daniel menumbangkan wakil Taiwan, Su Ching Heng/Ye Ho Wei dengan skor akhir 21-16, 21-17 di partai final.

Menariknya, gelar Thailand Masters diraih Daniel bersama Leo, saat kakinya sakit. Dikatakan Daniel, dirinya tidak melakukan banyak smash ketika menghadapi wakil Taiwan karena telapak kaki kirinya bengkak.

“Kami main no lob dan tidak memberi kesempatan menyerang. Ini karena lawan memiliki serangan bagus," Kata Daniel dalam rilis PBSI.

“Saya juga bermain lebih efisien karena kaki masih sakit. Untuk melakukan smash masih terasa sakit. Makanya tadi smash-smash saya tidak terlalu banyak keluar. Dengan kaki sakit, saya hanya main nekat saja. Saya melupakan soal sakit kaki saya. Saya main seolah tidak ada yang sakit saja," sambungnya.

Profil dan Biodata Daniel Marthin

Daniel Marthin merupakan atlet bulu tangkis Indonesia yang bergabung dengan PB Djarum pada 2015.

Ketika masih berusia 18 tahun, Daniel sudah menjuarai turnamen bulu tangkis Asia Junior 2019. Tak hanya itu, ia juga menjuarai ajang Badminton Dunia Junior 2019 di sektor ganda putra.

Berkat prestasinya yang mentereng, Federasi Bulu Tangkis Internasional (Badminton World Federation/BWF) menjuluki Daniel sebagai “The Next Star”. Tak hanya itu, BWF juga menobatkan Daniel Marthin dan pasangannya Leo Rolly Carnando sebagai salah satu dari empat nominasi Pemain Paling Menjanjikan Eddy Chong 2019.

Pada 2021, Daniel berhasil memberikan penampilan terbaiknya di ajang Hylo Open. Kala itu, Daniel yang berpasangan dengan Leo, berhasil melaju ke partai final.Hanya saja, Daniel/Leo harus puas menjadi runner up setelah ditumbangkan oleh seniornya, yakni Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon.

Dalam turnamen Hylo Open 2021, Daniel mampu menciptakan smash yang luar biasa. Pria kelahiran Jakarta, 31 Juli 2001 ini menciptakan smash dengan kecepatan pukulan 415 km/jam. Menurut BWF, pukulan Daniel kini menjadi smash tercepat di dunia versi Federasi Bulu Tangkis Dunia.

Dalam bermain bulu tangkis, Daniel Marthin menjadikan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sebagai role model.

Uniknya, pada ajang Piala Thomas 2020, Daniel dipasangkan dengan Mohammad Ahsan, sosok yang selama ini diidolakannya.

Kendati harus gugur di babak penyisihan Grup A Piala Thomas 2020, namun Daniel Marthin sudah menunjukan kemampuan apiknya setelah berhasil unggul di set pertama. Hal ini sudah menambah catatan prestasi dirinya sebagai pebulu tangkis handal.

Berikut informasi tentang biodata Daniel Marthin:

Nama Lengkap: Daniel Marthin

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 31 Juli 2001 (usia 21 tahun)

Kebangsaan: Indonesia

Tinggi: 1,82 m

Teman Satu Tim: Leo Rolly Carnando

Prestasi Daniel Marthin:

  • Juara Turki Internasional 2018
  • Juara Bangladesh Internasional 2018
  • Medali Emas Kejuaran Dunia Junior 2019
  • Medali Emas Kejuaraan Asia Junior 2019
  • Juara Indonesia Junior 2019
  • Runner-up Jerman Junior 2019
  • Medali Emas SEA Games 2021
  • Runner-up Hylo Open 2021
  • Juara Singapore Open 2021
  • Juara Indonesia Masters 2023
  • Juara Thailand Masters 2023

Demikian informasi tentang profil dan biodata Daniel Marthin, pemilik smash terkuat yang menjuarai Thailand Masters 2023. Update perkembangan situasi terkini hanya di VOI.id.