Indonesia Masters: Tradisi Juara Ganda Putra di Istora Terus Terjaga
Pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjuarai turnamen Indonesia Masters 2023. (Foto: Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Sempat muncul kekhawatiran dari para pencinta bulu tangkis Tanah Air saat melihat perjuangan ganda putra tuan rumah di Indonesia Masters 2023.

Bagaimana tidak, peluang untuk mempertahankan tradisi gelar juara di Indonesia Masters, nyaris sirna. Pemain andalan justru lebih dulu berguguran.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan gagal menembus semifinal.

Namun, kekhawatiran itu akhirnya sirna. Adalah pasangan muda, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang mempertahankan tradisi juara di sektor ganda putra.

Sejak Indonesia Masters digelar di Istora Senayan mulai 2018, ganda putra tuan rumah selalu menjadi juara. Pada 2021, ganda putra Indonesia memang gagal juara, tapi saat itu turnamen tak digelar di Istora, melainkan Nusa Dua Bali.

Setelah pandemi sedikit mereda pada 2022, Indonesia Masters kembali digelar di Istora Senayan dan ganda putra tuan rumah selalu berjaya.

Leo/Daniel jelas mengaku senang dengan kesuksesan mereka meraih gelar juara. Mereka bangga bisa mempertahankan tradisi juara ganda putra pada ajang Indonesia Masters di Istora Senayan.

"Tentunya senang, bangga, dan lega bisa meneruskan tradisi juara ganda putra di Istora," kata Daniel, seperti dikutip dari Antara, Senin, 30 Januari.

Dengan gelar ini, Leo/Daniel tak ingin berpuas diri. Juara Singapura Open 2022 itu justru menjadikan keberhasilan ini sebagai motivasi agar menjadi lebih baik lagi.

"Kami sekarang harus lebih dewasa sebagai pasangan ganda putra. Jika bermain kami harus koordinasi satu sama lain dan melakukan evaluasi setiap harinya," pungkas Daniel.

Daftar ganda putra Indonesia yang menjuarai Indonesia Masters saat berlangsung di Istora Senayan:

2018 - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

2019 - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

2020 - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

2022 - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

2023 - Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin