Kalahkan Wakil China, Fajar/Rian Juara Indonesia Masters 2022
Foto: Dok. VOI/Cosmas Kopong Beda

Bagikan:

JAKARTA — Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses keluar sebagai juara Indonesia Masters 2022.

Gelar juara didapat setelah kemenangan dua gim 21-10 dan 21-17 atas ganda putra China Liang Wei Keng/Wang Chang di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu, 12 Juni 2022.

Ini merupakan partai final keempat mereka dalam lima turnamen individual sejak kalah pada babak pertama All England 2022. Selain itu, ini juga menjadi gelar kedua Fajar/Rian dalam tahun ini.

Fajar/Rian menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang keluar sebagai juara Indonesia Masters tahun ini dari dua wakil yang lolos ke final.

Satu wakil lainnya adalah pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Sayangnya, pasangan terakhir gagal naik podium tertinggi setelah kalah dari pasangan peringkat satu dunia asal China, Cheng Qingchen/Jia Yifan.

Sebelumnya, di nomor ganda campuran gelar didapat wakil China Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Peringkat dua ini mendapat gelar keempat mereka di ajang Super 500 BWF ini setelah mengalahkan wakil Prancis Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Kemenangan ini sekaligus menjadikan mereka sebagai ganda campuran tersukses di perhelatan Indonesia Masters. Koleksi gelar yang mereka miliki sekarang melampaui tiga gelar milik ganda campuran Indonesia Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad.

Kemudian pada nomor tunggal putra gelar juara dibawa pulang oleh wakil Denmark Viktor Axelsen.

Juara Olimpiade Tokyo 2020 itu mendapat gelar perdananya di ajang ini usai menumbangkan wakil Chinese Taipei Chou Tien Chen.

Juara baru juga lahir pada nomor tunggal putri setelah peringkat ketiga dunia Chen Yufei naik podium tertinggi usai mengalahkan wakil Thailand Ratchanok Intanon.