Sempatkan Tanding di Laga Ekshibisi Bersama Pebulu Tangkis Dunia, Greysia Polii Kenang Gelar Juara Indonesia Masters pada Momen Pensiun
Greysia Polii resmi gantung raket. (Foto: VOI/Cosmas Kopong Beda)

Bagikan:

JAKARTA — Greysia Polii mengenang gelar juara Indonesia Masters 2020 saat ia resmi memutuskan pensiun di Istora Senayan, Jakarta, pada 12 Juni 2022.

Pebulu tangkis 34 tahun itu menghabiskan selama 30 tahun di hidupnya sebagai atlet profesional bulu tangkis. Selama itu sejumlah gelar penting berhasil ia berikan untuk Indonesia.

Salah satu gelar yang paling berarti baginya adalah Indonesia Masters yang ia raih bersama Apriyani Rahayu di tahun 2020. Spesialnya gelar ini karena didapat di hadapan publik sendiri.

Greysia mengatakan bahwa meraih gelar di Istora jelas merupakan impian mayoritas atlet Indonesia. Untuk itu, keberhasilannya melakukan itu otomatis menjadi salah satu momen terbaik di karirnya.

"Walau cuma satu kali, tapi itu adalah momen yang berharga buat saya sebelum saya menyatakan bahwa saya ingin berhenti menjadi atlet," katanya dalam sambutan di acara perpisahan bertajuk ”Greysia Polii Testimonial Day” pada Minggu, 12 Juni.

Atlet kelahiran Jakarta 1987 itu mulai menekuni bulu tangkis sejak usia lima tahun. Ia lalu masuk ke klub PB Jaya Raya sebelum menghabiskan waktunya selama 19 tahun di Pelatnas PBSI.

Setelah mencapai berbagai prestasi, Greysia Polii pun memutuskan pensiun dari bulu tangkis setelah mencapai puncak karirnya dengan mendapat medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tahun lalu.

Ia menjuarai kompetisi bergengsi itu di ganda putri bersama partnernya Apriyani Rahayu. Medali emas dibawa pulang setelah mengalahkan wakil China Chen Qingchen/Jia Yifan.

"Kasih dan cinta dari indonesia, yang terus-menerus beri saya kekuatan. Hari demi hari saya terus memaksakan diri untuk setia memberikan mengeluarkan yang paling terbaik yang saya bisa," katanya.

Acara perpisahan Greysia dihadiri oleh beberapa tokoh penting. Di antaranya Menpora Zainudin Amali, Ketum PBSI Agung Firman Sampurna, dan Ketum KOI Raja Sapta Oktohari.

Atlet-atlet ternama seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Hendra Setiawan, Wang Chi-Lin, Tai Tzu Ying (Chinese Taipei), Sapsiree Taerattanachai, Jongkolphan Kititharakul (Thailand), Wang Yilyu, Wang Dongping (China), Yuta Watanabe (Jepang), Misaki Matsutomo, Ashwini Ponnappa (India), Shin Seung Chan (Korea Selatan), dan Muralitharan Thinaah (Malaysia), juga ikut ambil bagian di acara ini. Mereka memainkan laga ekshibisi bersama Greysia Polii.