Simak! Begini Cara Menjadi Grandmaster Catur yang Diakui FIDE
Ilustrasi permainan catur. (Foto: Dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjadi pemain catur andal hingga mendapat gelar grandmaster merupakan impian dari para pecatur. Dari jutaan atlet catur di seluruh dunia, ada 1500 pemain catur yang mendapat gelar chess grandmaster.

Federasi Catur Dunia (Federation Internationale des Echecs/FIDE) memberikan gelar yang sesuai kepada atlet catur berdasarkan prestasi mereka. Gelar tertinggi adalah grandmaster.

Seorang pecatur bakal diberi gelar grandmaster ketika telah mencapai elo rating, serta mendapat normal gelar (title norm). Norma gelar diberikan berdasarkan performa pemain dalam norma. Lantas, bagaimana cara menjadi grandmaster catur?

Cara Menjadi Grandmaster Catur

Dikutip VOI dari laman Chess, berikut cara menjadi grandmaster catur yang diakui oleh FIDE:

  1. Bermain Catur Sejak Dini

Bermain catur sejak dini memudahkan seseorang untuk menjadi lebih fasih. Terlebih, catur merupaka olahraga yang kompleks dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dapat dikuasai.

Seorang anak yang sudah bermain catur sejak usia lima hingga delapan tahun, rata-rata memiliki awal yang bagus. Di usia ini, otak anak dapat menyerap semua pelajaran, taktik, da ide baru yang mendasar untuk menjadi pemain catur yang andal.

  1. Belajar dan Bekerja Keras

Masih dari Chess, seorang grandmaster catur asal Rusia, Garry Kasparov, bekerja sangat keras dan berkoban untuk menjadi pecatur yang fasih.

Selain itu, disiplin dan rutin belajar tiga fase permainan catur, seperti pembukaan, permainan tengah, dan permainan akhir juga dapat memperkuat keterampilan bermain catur.

Menemukan pelatih catur hebat yang dapat membimbing dalam setiap proses, juga dapat membantu Anda untuk dapat berkembang. Seorang pelatih yang handal akan menunjukkan kelemahan dan kekuatan Anda, serta membuat pembelajaran menjadi lebih efisien.

  1. Mengikuti Turnamen Catur
Ilustrasi turnamen catur internasional
Ilustrasi turnamen catur internasional (Foto: Antara/Maulana S)

Anda tidak akan menjadi grandmaster catur jika tidak pernah mengikuti turnamen catur. Seorang pecatur yang telah mengikuti ribuan permainan dan belajar banyak dari kekalahan, bakal menjadi pemain yang lebih kuat.

Selain itu, mengikuti kompetisi catur juga memberi Anda kesempatan untuk menguji pengetahuan baru, belajar tentang psikologi kompetisi, melatih manajemen waktu, dan mendapatkan pengalaman yang diperlukan untuk menjadi pecatur yang Andal.

  1. Meraih Tiga Norma Gelar

Asal tau saja, Norma merupakan turnamen catur yang diikuti oleh setidaknya tiga grandmaster dari negara yang berbeda. Kompetisi ini memberlakukan kontrol waktu setidaknya 120 menit dan Anda harus bermain setidaknya sembilan putaran, beberapa melawan grandmaster. Supaya turnamen memenuhi syarat sebagai norma, kompetisi harus diawasi oleh arbiter internasional.

Nah, seorang pecatur yang ingin mendapatkan gelar grandmaster setidaknya harus bermain di tiga norma dan menghasilkan setidaknya 2600 kinerja Elo di masing-masing turnamen.

  1. Mendapat Elo Rating FIDE 2500

Selama ini, Federasi Catur Internsioal membuat sistem ELO Rating untuk menentukan pemain catur di dunia.

Tak hanya itu, ELO Rating juga menjadi penentu gelar catur yang diakui oleh FIDE. Untuk mendapatkan gelar grandmaster, seorang pemain catur harus melewati persyaratan rating 2500.

Demikian informasi tentang cara menjadi grandmaster catur yang diakui oleh Federasi Catur Internasional (FIDE). Semoga bermanfaat!