Mengenal Gelar-Gelar Pemain Catur dari Federation Internationale des Eches
Ilustrasi gelar pemain catur (Unsplash/@heidiwalley)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Catur menjadi olahraga yang digemari oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak , orang dewasa, hingga orang tua. Olahraga catur pun punya olimpiadenya sendiri yang digelar oleh Federation Internationale des Eches  (FIDE) atau Federasi Catur Internasional. Dalam olahraga ini juga tedapat gelar-gelar pemain catur. 

Masih belum banyak yang tahu jika dalam catur juga terdapat gelar-gelar pemain catur. Gelar ini menjadi penanda tingkatan/kualitas seorang pemain catur. Gelar bagi pemain catur hanya diberikan oleh FIDE. Organisasi ini didirikan pada tahun 1924 di Paris, Perancis. FIDE menaungi berbagai federasi catur negara-negara di dunia. 

Gelar-gelar Pemain Catur

Gelar pemain catur diklasifikasikan berdasarkan skor Elo. Elo merupakan daftar tingkatan atau level peringkat yang dibuat oleh FIDE. Penggunaan sistem peringkat ini diresmikan oleh FIDE pada 1970. Untuk mendapatkan peringkat Elo, pemain catur harus mengikuti turnamen-turname resmi dari FIDE. 

Grandmaster dan Woman Grandmaster

Gelar pemain catur di level tertinggi adalah Grandmaster (GM) dan Woman Grandmaster (GM). FIDE akan menobatkan gelar ini kepada pemain catur yang dinilai sudah layak mencapai level ini. 

FIDE memberikan gelar GM pertama kali secara resmi pada tahun 1914. GM pertama ini diberikan kepada para finalis turnamen di Saint Petersburg, yakni Tsar Nikolai II, Alekhine, Capablanca, Lasker, Marshall, Tarrasch.  

WGM juga memiliki persyaratan yang sama dnegan GM. Namun gelar WGM sifatnya lebih eklusif, dinobatkan khusus kepada pemain wanita. Gelar WGM pertama Indonesia berhasil diraih oleh Irene Sukandar pada tahun 2008. GM dan WGM diperoleh ketikan mempunyai skor Elo minimal 2.500. 

International Master dan Woman International Master

Gelar pemain catur di urutan kedua disebut International Master (IM) dan Woman International Master (WIM). Gelar ini berada di bawah GM dan WGM. FIDE menobatkan gelar ini secara resmi pertama kali pada tahun 1950. Gelar ini bisa diperoleh jika pemain catur mencapai skor Elo 2400. 

FIDE Master dan Woman FIDE Master

Gelar pemain catur di bawah IM dan WIM adalah FIDE Master dan Woman FIDE Master. FIDE memperkenalkan gelar tersebut pertama kali pada tahun 1978. Syarat untuk bisa mencapai gelar ini, pemain pecatur harus memperoleh skor Elo sebesar  2300.

Candidate Master dan Woman Candidate Master

Gelar paling bawah pemain catur adalah Candidate Master (CM) dan Woman Candidate Master (WCM). FIDE memperkenalkan gelar ini pertama kali pada tahun 2002. Pemain catur bisa memperoleh gelar ini dengan mengumpulkan skor Elo sebanyak 2200 atau lebih. Ada cara lain untuk meraih gelar CM dan WCM yakni dengan meraih 50 persen atau lebih dari 7 pertandingan dalam Olimpiade. 

Gelar Pelatih Catur

Selain pemain catur, gelar dalam dunia catur juga disandang oleh pelatihnya. Gelar untuk pelatih catur juga diberikan oleh FIDE. Berikut daftar gelarnya. 

  • FIDE Trainer (FT)
  • FIDE Senior Trainer (FST)
  • FIDE Instructor (FI)
  • National Instructor (NI)
  • Development Intructor (DI)

Persatuan Catur Seluruh Indonesia juga mengeluarkan sertifikat gelar pelatih catur. Berikut daftar gelarnya.

  • Pelatih Nasional (PN)
  • Pelatih Nasional Madya (PNM)
  • Pelatih Nasional Pratama (PNP)

Gelar Wasit Catur

Selain pemain dan pelatih, wasit catur juga mempunyai sertifikasi gelar. FIDE mengeluarkan dua gelar wasit catur.

  • International Arbiter (IA) atau Wasit Internasional (WI) 
  • FIDE Arbiter (FA)

Percasi juga mengeluarkan sertifikasi gelar untuk wasit. Daftar gelarnya sebagai berikut.

  • Wasit Nasional (WN)
  • Wasit Nasional Madya (WNM)
  • Wasit Nasional Pratama (WNP)

Itulah gelar-gelar pemain catur di dunia catur profesional. Tidak hanya pemain catur yang memiliki gelar dari FIDE. Namun wasit dan pelatih catur pun juga mendapat gelar dari FIDE dengan persyaratan masing-masing.