Maestro Catur Dunia, Garry Kasparov: Ketakutan Pada <i>Cryptocurrency</i> Berlebihan!
Grandmaster catur Garry Kasparov dukung kripto dan blockchain (ece.umass)

Bagikan:

JAKARTA – Legenda hidup pecatur dunia Garry Kasparov percaya bahwa mata uang kripto termasuk Bitcoin dan altcoin akan bangkit. Kasparov menilai kebangkitan cryptocurrency tidak dapat dihindari meskipun sejumlah cara dilakukan pemerintahan dunia untuk membendung laju mata uang kripto.

Grandmaster catur asal Rusia itu mengaku dirinya mendukung blockchain dan  cryptocurrency, termasuk Bitcoin. Kasparov mengungkapkan pendapatnya ketika diwawancarai Forbes. Dia menjelaskan sejumlah manfaat aset digital termasuk perlindungan pribadi dan kendali keuangan yang bisa didapatkan pemiliknya.

Bisa dibilang sebagai pemain catur terhebat sepanjang masa, Kasparov menghabiskan 225 dari 228 bulan aktifnya sebagai pemain nomor satu dunia. Setelah pensiun pada tahun 2005, sejarah mencatat mantan Juara Catur Dunia itu beberapa kali menjadi penulis buku dan aktivis politik.

Dalam wawancara bersama Forbes, Kasparov mengindikasikan bahwa dirinya adalah pendukung cryptocurrency. Dia menyebut pasokan Bitcoin yang terbatas sebanyak 21 juta merupakan hal yang sangat baik karena ada transparansi dalam hal jumlah. Ini berbeda dengan dolar yang kerap dikeluarkan oleh The Fed.

“Hal yang baik tentang Bitcoin adalah Anda tahu persis jumlahnya – angka ajaib 21 juta,” kata Kasparov.

“Kami memahami formula di balik itu [pasokan terbatas BTC.] Tetapi ketika Anda melihat sisi lain, The Fed, misalnya, Anda tidak pernah tahu berapa triliun dolar yang akan muncul di pasar besok yang akan merusak tabungan Anda.”

Pernyataan itu dilontarkan Kasparov bersamaan dengan keputusan miliarder AS, Paul Tudor Jones, yang mengumumkan bahwa dirinya memutuskan untuk membeli Bitcoin sebagai bagian dari upaya melawan konsekuensi potensial dari apa yang disebut sebagai paket stimulus, di mana The Fed mencetak triliunan dolar dalam beberapa bulan.

Selain itu, Kasparov yang menjadi pecatur No. 1 dunia pada tahun 1984 dengan rating FIDE 2710 selama 12 tahun ini percaya pada teknologi blockchain dan juga cryptocurrency. Kasparov menilai kripto “tidak secara inheren baik atau buruk” karena ini adalah bagian dari teknologi yang baru muncul. Kasparov melihat bahwa kripto banyak disalahpahami oleh banyak orang.

“Anda dapat menggunakan teknologi nuklir untuk membuat bom atau reaktor. Sekarang, kita mendengar banyak tentang potensi kerugian cryptocurrency karena dapat membantu orang jahat mencuri uang. Sebenarnya, ketakutan ini terlalu berlebihan.”

Lebih lanjut, Kasparov berpendapat bahwa saat ini sedang terjadi krisis privasi karena pemerintah semakin mengontrol kehidupan banyak orang, termasuk keuangan. Dengan begitu, kemunculan kripto “selalu diterima” karena menawarkan para pemiliknya untuk memegang kendali keuangan dan privasi sendiri. Dia melanjutkan bahwa cryptocurrency “menawarkan kita kesempatan untuk mengambil kembali kendali keuangan atau kendali atas privasi kita.”

“Itulah mengapa saya pikir peningkatan yang stabil dalam popularitas Bitcoin, cryptocurrency lainnya, dan teknologi blockchain sebagai sebuah konsep tidak dapat dihindari karena ini adalah respon terhadap peralihan kekuasaan dari individu ke negara bagian atau institusi lain yang dapat mengatur privasi kita tanpa persetujuan kita,” ujar Grandmaster catur Garry Kasparov yang pernah menulis buku berjudul Winter Is Coming: Why Vladimir Putin and the Enemies of the Free World Must Be Stopped.