Preview Pertandingan Final Liga Conference Fiorentina Vs West Ham United: Upaya Mengakhiri Puasa Panjang
Final Liga Conference Eropa mempertemukan Fiorentina dengan West Ham United. (Foto: Twitter/@europacnfleague)

Bagikan:

JAKARTA – Fiorentina akan berhadapan dengan West Ham United pada laga final Liga Conference Eropa 2022/2023. Ini kesempatan bagi kedua tim untuk mengakhiri paceklik gelar yang sudah begitu lama.

Pertemuan kedua tim pada laga pamungkas kompetisi kasta ketiga antarklub Eropa tersebut akan berlangsung di Fortuna Arena, Prague, Ceko, Kamis, 8 Juni 2023. Kick off atau sepak mula pertandingan dimulai pukul 02.00 WIB.

Pertandingan final ini menjadi momen penting bagi kedua tim yang telah lama merindukan gelar. Gelar terakhir La Viola diraih sekitar 22 tahun yang lalu, sedangkan The Hammers menanti hampir dua kali lipat dari itu.

Laga final ini bakal menjadi duel menarik karena Fiorentina datang dengan status pencetak gol terbanyak di kompetisi ini, sedangkan West Ham membawa status sebagai tim yang belum terkalahkan.

Selain itu, Fiorentina juga hadir dini hari nanti untuk menjadi tim pertama yang tampil di ke empat final kompetisi Eropa setelah tiga dekade penampilan terakhir mereka di laga pamungkas Piala UEFA 1990. Ketika itu mereka menerima kekalahan dari rival Serie A, Juventus.

Pasukan asuhan Vincenzo Italiano tersebut mengikuti jejak tim Viola yang pernah tampil dalam final Piala Eropa dan Piala Winners Eropa 1961. Mereka berhasil mencapai final setelah menunjukkan penampilan impresif sepanjang musim ini dalam perjalanan mereka menuju Prague.

Fiorentina membawa keunggulan sebagai pencetak gol terbanyak Liga Conference dengan total 36 gol dalam 14 pertandingan. Catatan itu membuat mereka unggul sembilan gol dari West Ham yang menempati peringkat kedua.

La Viola finis sebagai runner-up di Grup A sebelum mengatasi Braga, Sivasspor, dan Lech Poznan di babak-babak sebelumnya untuk mencapai babak semifinal. Mereka lalu menghentikan wakil Swiss, Basel, untuk maju ke final.

Fiorentina belum memenangkan gelar kontinental sejak Piala Winners Eropa pada tahun 1961, sedangkan West Ham memenangkan trofi yang sama empat tahun kemudian ketika mereka mengalahkan 1860 Munich 2-0 di Wembley.

Kedua klub ini belum pernah meraih trofi UEFA sejak saat itu, tetapi West Ham yang paling lama menunggu untuk meraih gelar apapun. Pada tahun 1980, West Ham berhasil memenangkan Piala FA, tetapi sejak itu mereka mengalami paceklik selama 43 tahun.

Perjalanan West Ham menuju final mencakup kemenangan di Grup B pada musim gugur, diikuti dengan kemenangan yang nyaman atas AEK Larnaca dan Gent dalam babak gugur. Diikut dengan kemenangan agregat 3-1 atas AZ Alkmaar di babak semifinal.

Namun, kampanye kontinental West Ham berbanding terbalik dengan performa domestik yang buruk sepanjang musim 2022/2023. Mereka harus puas finis di peringkat ke-14 setelah kalah 1-2 dari Leicester City yang terdegradasi di hari terakhir Liga Premier Inggris.

Prediksi Susunan Pemain:

Fiorentina (4-2-3-1): Terracciano; Dodo, Martinez Quarta, Milenkovic, Biraghi; Amrabat, Mandragora; Gonzalez, Bonaventura, Ikone; Cabral

West Ham United (4-2-3-1): Areola; Kehrer, Aguerd, Zouma, Cresswell; Soucek, Rice; Bowen, Paqueta, Benrahma; Antonio