Jadwal Siaran Langsung Euro 2020, Sabtu, 12 Juni
Pemain andalan Turki Hakan Calhanoglu (Twitter @euro2020)

Bagikan:

JAKARTA - Gong tanda dimulainya Euro 2020 akan dibunyikan malam ini. Italia siap mengawali perjalanan panjang sebulan penuh pesta sepak bola negara-negara Eropa dengan menghadapi Turki.

Gli Azzurri akan berusaha memenuhi dahaga gelar Piala Eropa yang terakhir dihirup 53 tahun silam pada 1968. Mereka menghadapi tim kejutan Turki dalam laga pembuka pembuka Euro 2020 di Roma pukul 20.00 waktu setempat yang bertepatan dengan Sabtu pukul 02.00 WIB.

Laga di Stadion Olimpico ini juga menjadi simbol mulai kembalinya normalitas di negara yang pernah menjadi episentrum pandemi COVID-19 global sampai merenggut 127 ribu nyawa dan menulari 4,24 juta orang itu.

Italia akan merayakan laga perdana ini dengan hadirnya penonton di stadion yang merupakan terbesar dalam kurun satu setengah tahun terakhir ini. Mereka akan menyaksikan skuat Azurri mengawali perburuan gelar Piala Eropa yang keduanya.

Italia memasuki putaran final Euro 2020 dengan rapor sempurna setelah memenangkan semua dari 10 pertandingan kualifikasi Piala Eropa edisi yang ditunda satu tahun karena pandemi tersebut. Ini sungguh pencapaian hebat setelah hal memalukan terjadi tiga tahun silam saat Azurri tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Tidak hanya itu, Italia juga memiliki catatan mengesankan tak terkalahkan dalam 27 pertandingan berturut-turut, sekalipun mungkin tak mempunyai pemain-pemain megabintang seperti dimiliki juara bertahan Portugal atau juara dunia Prancis. 

Namun, lawan Leonardo Bonucci cs sudah pasti bukan lawan sembarangan. Turki menciptakan kejutan setelah menahan seri dan mengalahkan 2-0 Prancis dalam fase kualifikasi. Turki menduduki urutan kedua Grup H pada putaran kualifikasi dengan hanya sekali kalah.

Ini kelima kalinya Turki lolos ke putaran final Piala Eropa, dan dalam dua dari empat partisipasi sebelumnya, Turki membuat kejutan lolos ke perempat final 2000 dan empat tahun kemudian pada 2004 lolos ke semifinal untuk akhirnya menempati peringkat ketiga.

Karena itu, ada alasan bagi Italia untuk mewaspadai Turki sekalipun tampil di kandang sendiri di bawah gempita suara penonton setelah selama satu setengah tahun terakhir stadion-stadion sunyi senyap dari suara suporter.

“Dalam setiap pertandingan pembuka ada kejutan-kejutan dan saya harap kami bisa memancarkan salah satunya,” kata pelatih Turki Senol Gunes dilansir Antara.

Selain Turki vs Italia, ada juga laga antara Wales kontra Swiss dan Denmark berhadapan dengan Finlandia pada Sabtu, 12 Juni. Simak jadwal lengkapnya di bawah.

Turki vs Italia

Kick-off: 02.00 WIB

Siaran langsung: RCTI/iNewsTV/Soccer Channel

Wales vs Swiss

Kick-off: 20.00 WIB 

Siaran langsung: MNCTV/iNewsTV/Soccer Channel 

Denmark vs Finlandia

Kick-off: 23.00 WIB

RCTI/iNewsTV/Soccer Channel