Portugal Vs Israel: Begini Kekuatan dan Taktik Kedua Tim
Gelandang kreatif Portugal Bruno Fernandes (Twitter @selecaoportugal)

Bagikan:

JAKARTA - Euro 2020 yang telah lama ditunggu-tunggu hampir tiba. Pesta sepak bola negara-negara Benua Biru selama sebulan itu akan dimulai akhir pekan ini. Juara bertahan Portugal akan menjadi tim terakhir yang merampungkan persiapan mereka saat menghadapi tuan rumah Israel di Estadio Jose Alvalade pada Rabu, 9 Juni, malam atau Kamis dini hari WIB.

Portugal telah menikmati masa terbaik mereka di sepak bola internasional selama setengah dekade terakhir setelah memenangkan Euro 2016 sebelum melangkah jauh di edisi perdana UEFA Nations League. 

Namun belakangan ini, mereka tidak dalam performa terbaiknya. Cristiano Ronaldo dkk hanya memenangkan tiga dari enam pertandingan terakhir mereka. Itu pun cuma menang tipis.

Israel, di sisi lain, seperti biasa mengalami naik turun sejak dimulainya kembali sepak bola internasional tahun lalu. Tim Biru dan Putih hanya menang empat kali dari sebelas pertandingan mereka, meskipun dalam pertandingan terakhir kontra Montenegro mereka menang meyakinkan 3-1.

Dalam pertemuan terakhir kedua negara, Portugal dan Israel berbagi hasil imbang 1-1 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014. Menjelang pertemuan antara kedua belah pihak dini hari nanti, VOI mencoba melihat lebih dekat kekuatan dan taktik kedua tim.

Portugal

Pelatih Fernando Santos sempat menghadapi ketakutan setelah skuatnya menghadapi Spanyol yang menampilkan Sergio Busquets. Sang kapten dinyatakan positif COVID-19 setelah pertandingan.

Namun, seluruh anggota skuat Portugal dan staf telah dites negatif. Berarti, A Selecao akan tampil dengan kekuatan penuh melawan Israel.

Portugal masih menerapkan pola 4-2-3-1. Anthony Lopes kemungkinan akan mendapatkan awal yang langka di bawah mistar gawang.

Ruben Dias akan berduet dengan Jose Fonte di posisi bek tengah. Sementara Joao Cancelo masuk sebagai bek kanan dan Nuni Mendes di posisi bek kiri.

Di lini tengah, Joao Moutinho diprediksi akan menjalin kemitraan bersama Danilo Pereira. Tanggung jawab kreatif akan berada di pundak Bruno Fernandes dan Pedro Goncalves, yang akan ditempatkan di sayap kanan, dengan Diogo Jota mulai di sayap kiri.

Terakhir, Andre Silva tampaknya akan diberi kesempatan untuk memimpin barisan depan Portugal dengan diistirahatkannya kapten Cristiano Ronaldo.

Kemungkinan line-up (4-2-3-1): Lopes; Cancelo, Fonte, Dias, Mendes; Moutinho, Danilo; Pedro Goncalves, Bruno Fernandes, Jota; Andre Silva.

Israel

Di kubu lawan. Willi Ruttensteiner memilih skuat eksperimental untuk Euro 2020 di mana sebanyak tujuh pemain debutan dipanggil ke kamp. Sang pelatih akan menggunakan formasi 4-4-2 dalam laga kontra Portugal, di mana Ofir Marciano kemungkinan akan ditempatkan di antara tiang gawang. 

Untuk pertahanan, Sun Menahem dan wakil kapten Eitan Tibi akan dipasangkan di jantung lini belakang Israel, dengan Eli Dasa dan Ofir Davidzada sebagai dua bek sayap.

Bibras Natkho akan menjadi pemain kunci di lini tengah tim tamu. Kapten Israel itu berusaha menjaga ketat lini tengah, bersama Neta Lavi. Melebar, Manor Solomon dan Mohammad Abu Fani akan memberikan dorongan ke depan melalui sayap.

Di lini depan, duet Eran Zahavi dan Yonas Malede yang sedang dalam performa terbaik akan menggedor gawang Portugal. Adapun Osama Khalaila bisa menjadi salah satu pemain yang diturunkan dari bangku cadangan di pertandingan nanti.

Kemungkinan line up (4-4-2): Marciano; Dasa, Tibi, Menahem, Davidzada; Solomon, Natkho, Lavi, Fani; Malede, Zahavi.

Statistik kunci

- Pertandingan hari Rabu akan menjadi pertemuan ketujuh antara Portugal dan Israel. A Selecao telah memenangkan tiga dari enam pertandingan sebelumnya, sedangkan Israel hanya menang sekali (imbang 2 kali).

- Israel hanya kalah satu kali dari lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, memenangkan tiga pertandingan (imbang 1 kali).

- Portugal hanya kalah sekali dari 14 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi sejak Oktober 2019 (menang 9 kali, imbang 4 kali).

- Portugal telah menjaga clean sheet dalam tujuh dari sembilan pertandingan terakhir mereka di kandang.

- Diogo Jota memiliki rekor mencetak gol yang mengesankan untuk Portugal, mencetak enam gol dalam 13 penampilan untuk A Selecao.

Pertandingan Portugal versus Israel akan disiarkan secara langsung melalui live streaming Mola TV pada Kamis, 10 Juni, pukul 01.45 WIB.