Dinilai Terlalu Muda, Southgate Panggil Pemain MU Masuk Timnas Inggris
Gelandang muda Manchester United Kobbie Mainoo mendapat panggilan timnas senior Inggris. (Instagram @kobbie)

Bagikan:

JAKARTA - Manajer tim nasional Inggris Gareth Southgate akhirnya memanggil gelandang berusia 18 Kobbie Mainoo untuk menjalani uji coba melawan Brasil dan Belgia di Wembley, London.

Southgate semula tak memasukkan Mainoo ke tim senior. Meski menunjukkan performa mengesankan bersama Manchester United, namun Southgate menilai Mainoo masih butuh waktu untuk masuk tim senior.

Apalagi, dirinya belum lama masuk timnas U-21. Meski demikian, Mainoo sudah bermain di timnas Inggris sejak U-17, U-18 dan kemudian U-19.

"Ada beberapa pemain yang berman sangat bagus seperti Kobbie Mainoo, Harvey Elliott, Rico Lewis. Selain itu Archie Gray menunjukkan performa bagus di Leed United," kata Southgate.

"Menurut saya sebagai pemain muda [Mainoo] bermain brilian. Tetapi dia baru bermain beberapa kali [di timnas U-21]. Jadi Anda harus hati-hati. Kami harus memberi ruang bagi dia untuk berkembang," ujarnya.

"Dia memang bermain luar biasa dan mendapat pengalaman di Manchester United. Dia juga menunjukkan karakter yang bagus," ucap Southgate lagi.

Mainoo memang kemudian mendapat panggilan bermain di timnas U-21. Apalagi, pemain tengah yang sudah bermain 14 kali bersama MU musim ini sudah menjadi bagian dari skuat U-21 yang tengah melakoni babak kualifikasi Euro U-21 2025.

Hanya saja, Southgate kemudian berubah pikiran. Mainoo yang merupakan alumni akademi MU akhirnya menyusul rekan-rekan senior, termasuk seniornya di klub, Marcus Rashford, yang sudah mendapat panggilan timnas.

Mainoo bersama bek Everton Jarrad Branthwaite, bek tengah Aston Villa Ezri Konsa dan pemain sayap Newcastle United Anthony Gordon mendapat panggilan timnas senior untuk kali pertama.

Mereka berpeluang melakoni debut saat The Three Lions menghadapi Brasil pada Minggu, 24 Maret 2024 dini hari WIB. Selanjutnya, Inggris beruji coba melawan Belgia yang juga digelar di Wembley, Rabu, 27 Maret 2024 dini hari WIB.

Mainoo sendiri merasa bangga mendapat panggilan timnas senior. Apalagi, dirinya mengaku semula mengira akan bergabung dengan tim U-21.

"Ini sebuah kehormatan bagi saya mendapat panggilan pertama timnas senior," tulis Mainoo di Instagram.

Mainoo mendapat panggilan timnas U-21 lebih dulu sebelum akhirnya Southgate meminta dia untuk bergabung.

"Sebelumnya, [asisten manajer timnas U-21] Steve Holland sudah mengirim pesan kepada saya untuk bergabung," ucap Mainoo.

"Dia mengatakan saya mendapat panggilan...Tetapi saya kemudian dipanggil tim senior. Saya sangat bersuka-cita menerima kabar itu. Keluarga juga terkejut tetapi gembira," kata dia lagi.

Mainoo sesungguhnya hanya menjadi pelapis Casemiro dan Christian Eriksen di MU. Namun saat dua senior itu absen karena cedera, Mainoo langsung menjadi andalan di sektor tengah The Red Devils.

Tak lama kemudian, manajer Erik ten Hag memberi kesempatan bermain untuk Mainoo. Dirinya pun sudah bermain 20 kali di berbagai kompetisi.

Pada laga terakhir saat MU mengalahkan Liverpool 4-3 di perempat final Piala FA, Mainoo masuk menggantikan Eriksen di menit 80.