Tetap Boyong Harry Maguire Meski Kinerjanya dipertanyakan, Pelatih Timnas Gareth Southgate: Dia Bek Terhebat di Inggris
Bek timnas Inggris, Harry Maguire. (Foto: instagram.com/@harrymaguire93)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate mantap memboyong Harry Maguire ke skuadnya meski kinerjanya di Manchester United (MU) diragukan. Keputusan itu dipertanyakan banyak pihak.

Pasalnya, performa Maguire di Setan Merah tak terlalu mentereng. Semenjak kekalahan beruntun melawan Brighton dan Brentford pada awal musim 2022/2023, Maguire bahkan belum pernah lagi menjadi starter.

Berkaca pada kinerjanya di tim, kemudian muncul seruan agar Maguire tak dimainkan saat timnas Inggris menghadapi Italia di laga UEFA Nations League yang digelar di Stadion San Siro, Milan pada Sabtu 24 September 2022.

Namun Southgate malah bersikap sebaliknya. Dia justru menyebut pemain MU itu masih menjadi salah satu bek terbaik Inggris.

"Anda selalu harus mendukung penilaian Anda dan kami merasa dia adalah pemain penting," kata Southgate, dilansir dari The Sun.

"Jika kami pikir ada pemain berpengalaman yang siap masuk dan bermain di level di atasnya, maka akan ada pertimbangan yang berbeda dan di beberapa posisi akan ada level kompetisi yang berbeda dengan cara itu."

"Dia (Harry Maguire) adalah bek tengah kami yang paling dominan," tegas Southgate.

Sejak kekalahan MU dari Brentford, Maguire hanya bermain 101 menit di bawah arahan manajer baru. Saat Setan Merah menang di kandang 3-1 dari Arsenal, Maguire juga hanya turun sebagai pemain pengganti, begitupun pada dua pertandingan di Liga Europa.

Soal posisi Maguire di tim, Southgate punya pandangan sendiri. Ia menyebut keadaan sang bek di tim memang belum ideal, tapi semua akan berjalan sesuai waktu.

"Lihat, jelas, ini bukan situasi yang ideal. Anda ingin pemain terbaik Anda bermain secara teratur sehingga mereka secara fisik berada di tempat yang baik dan secara mental di tempat yang baik tapi semua butuh waktu," kata Southgate.

"Tapi dia adalah pemain penting bagi kami. Saya pikir penting untuk mendukung pemain terbaik kami," sambungnya.