Absen di Piala FA, Kevin De Bruyne Dicoret dari Timnas Belgia
Gelandang Kevin De Bruyne cedera lagi sehingga absen memperkuat Manchester City dan dicoret dari timnas Belgia. (X/@ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne, kembali mengalami cedera sehingga dicoret dari Timnas Belgia yang akan beruji coba melawan Irlandia dan Inggris.

Dia juga absen saat menghadapi Newcastle United di perempat final Piala FA, Minggu, 17 Maret 2024, dini hari WIB.

De Bruyne terpaksa menepi lagi. Hanya saja, kali ini dia didera cedera pangkal paha. Cederanya memang tidak serius, tapi De Bruyne tetap harus beristirahat selama beberapa pekan.

Tidak diketahui pastinya kapan gelandang berusia 32 tahun mengalami cedera. De Bruyne masih dimainkan saat Man City bermain seri 1-1 melawan Liverpool pada Liga Inggris 2023/2024 di Anfield.

Namun, dia kemudian keluar pada menit ke-69. De Bruyne terlihat frustrasi dan sempat adu argumen dengan Manajer Pep Guardiola saat digantikan pemain lain. Soalnya, saat itu De Bruyne digantikan bukan persoalan cedera.

De Bruyne baru diketahui mengalami cedera pangkal paha saat pelatih Timnas Belgia, Domenico Tedesco, mencoretnya.

"Kami menerima kabar buruk. Kevin De Bruyne absen mengikuti pemusatan latihan karena cedera pangkal paha. Namun, yang paling penting dia bisa segera pulih dan kembali bermain," kata Tedesco.

"Kami berharap dia sudah sepenuhnya pulih saat tampil di Euro 2024. Itu yang menjadi target kami dengan Kevin," ujarnya.

Tedesco lebih lanjut mengatakan terlalu berisiko bila memanggil De Bruyne. Menurutnya, bila De Bruyne tidak bisa menjalani latihan dan kemudian bertanding maka dirinya bisa kembali cedera.

"Saya tidak tahu apakah ada kaitannya dengan cedera hamstring yang pernah dialaminya. Yang jelas, dia ada masalah di bagian pangkal paha dan sudah dirasakan sejak beberapa pertandingan sebelumnya," kata Tedesco lagi.

"Kami tidak hanya bertanggung jawab kepada pemain, tetapi juga tim. Bila kami memanggil pemain, berarti dia harus bisa berlatih dan bermain," ucapnya.

"Bila pemain tidak siap atau risiko cedera lagi sangat tinggi, kami tentu bertanggung jawab melindungi pemain," tutur dia. 

De Bruyne pernah mengalami cedera hamstring yang membuat dia harus menjalani operasi. Akibatnya, dia absen selama lima bulan.

Tanpa De Bruyne, jelas menjadi pukulan bagi Manchester City yang akan menghadapi Newcastle.

Apalagi, The Citizens kehilangan kiper Ederson yang mengalami cedera paha. Akibat cederanya, kiper Timnas Brasil ini absen selama empat pekan.

De Bruyne diharapkan sudah pulih saat Manchester City menghadapi Arsenal dalam duel krusial yang menentukan peluang juara liga pada 31 Maret 2024.