Bagikan:

JAKARTA – Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto, percaya diri ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari memiliki kesempatan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Rinov/Pitha adalah satunya-satunya ganda campuran yang memiliki peluang besar tampil di Paris nanti. Untuk bisa lolos, mereka perlu terus mengambil poin di turnamen yang masuk hitungan kualifikasi.

"Memang, sekarang Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berada di posisi ke-14, tersalip pasangan Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek. Namun, masih ada sekitar lima turnamen untuk bersaing. Perbedaan poinnya pun hanya ratusan saja," ujar Roedy.

Salah satu turnamen yang akan dihadapi ialah Perancis Open 2024 yang berlangsung 5-10 Maret 2024. Setelah itu, mereka akan bertanding ke All England 2024 dan Swiss Open 2024.

Dari tiga turnamen ini, Perancis Open 2024 dan All England 2024 adalah kesempatan bagus untuk mendapat poin besar. Seandainya bisa ke empat besar atau babak final, maka peluang itu terbuka lebar.

"Jadi, peluang masih ada selama mereka bisa terus optimal dalam setiap turnamen. Mengambil sebanyak-banyaknya poin sebelum race to Olympics berakhir. Saya rasa penentuan akan sampai di Kejuaraan Asia dan Eropa nanti," kata Roedy.

Pada Perancis Open 2024, Rinov/Pitha akan memulai perjalanan melawan wakil Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo.

Kedua pasangan ini sebelumnya sudah bentrok sebanyak lima kali. Dari jumlah pertemuan itu, Rinov/Pitha memiliki rekor empat kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan.