Bagikan:

JAKARTA - Stefano Lilipaly menjadi pemain yang terus diperbincangkan dan dikaitkan dengan Timnas Indonesia. Dia tak dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia 2023.

Publik menilai sejatinya pemain Borneo FC itu layak masuk Skuad Garuda. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu punya alasan bahwa Stefano tidak memiliki fisik kuat untuk berlaga di level Asia.

Sontak, penggemar Timnas Indonesia mempertanyakan keputusan Shin Tae-yong mengingat Stefano tampil apik bersama Pesut Etam di Liga 1 2023/2024.

Situasi serupa kembali muncul saat Shin Tae-yong mulai melakukan pemanggilan pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Nama Stefano digaungkan untuk masuk Skuad Garuda melawan Vietnam pada Maret 2024.

Desakan itu tak lepas dari catatan impresif Stefano bersama Borneo FC. Dia tercatat sudah membuat dua gol dan lima assist dari empat laga setelah Piala Asia 2023. Total, ia telah mencetak 11 gol untuk Pesut Etam dalam 27 laga musim ini.

Terlepas dari pembuktiannya di klub, Lilipaly yang kembali disangkutkan dengan Timnas Indonesia punya pandangan sendiri.

Ia mengakui siap andai dirinya dibutuhkan. Jika tidak, maka pemain 34 tahun itu tak akan mempermasalahkannya karena ia punya fokus lain.

"Pertama, saya tidak fokus untuk Timnas Indonesia. Saya main untuk Borneo musim ini. Tidak ada target itu (dipanggil ke Timnas Indonesia). Saya fokus di klub saja," kata Stefano Lilipaly dalam keterangannya setelah membela Borneo FC.

Lebih lanjut, Stefano Lilipaly juga merasa bahwa performa baiknya musim ini bukanlah karena kerja kerasnya sendiri. Ia mengakui bahwa itu terjadi karena ada dukungan dari seluruh penggawa Borneo FC beserta staf dan ofisial.

"Tahun ini saya main bagus karena tim juga bagus. Ada pemain bagus, staf, pelatih semua bagus di sini. Saya menikmatinya," katanya.

"Kalian juga bisa lihat di pertandingan kami (semua pemain) main bagus, bukan cuma saya. Begitu juga untuk tim, itu membuat saya senang karena bisa berkontribusi untuk tim," tuturnya.