Bagikan:

JAKARTA - Laga big match antara Persib Bandung vs Persija Jakarta bakal digelar pada pekan ke-28 Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Namun, pertandingan pada Sabtu, 8 Maret 2024, itu terancam digelar tanpa penonton.

Situasi itu terjadi karena Maung Bandung telah dijatuhi sanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Berdasarkan surat yang dilayangkan pada Jumat, 1 Maret 2024, dengan nomor 191/L1/SK/KD-PSSl/III/2024 diketahui bahwa Persib dilarang menggelar laga dengan penonton sebanyak satu kali pertandingan.

Berdasarkan surat tersebut, hukuman berlaku pada pekan ke-28 Liga 1 2023/2024. Masalahnya, pekan tersebut merupakan laga sarat gengsi kontra Persija Jakarta.

Meski demikian, keputusan menggelar laga tanpa penonton kontra Persija itu masih berpeluang untuk dihadiri para pendukung Maung Bandung. Pihak tuan rumah masih bisa mengajukan banding.

Hal tersebut disampaikan oleh Public relation (PR) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sabina Katya. Ia menyebut bahwa surat putusan tersebut belum sepenuhnya final.

"Iya, itu (pertandingan Persib tanpa penonton), benar. Namun, untuk saat ini masih bisa (berubah situasinya) karena pihak tuan rumah masih bisa mengajukan banding," katanya dalam keterangan dikutip Senin, 4 Maret 2024.

Meski telah menyatakan bahwa Persib boleh mengajukan banding, Sabrina mengakui bahwa hingga hari ini belum ada informasi apakah bakal dilakukan Persib atau tidak.

"Perihal banding, kami belum menerima informasi lebih lanjut," tutur Sabrina.

Peluang Persib melakoni laga kontra Persija dengan dukungan Bobotoh dan Viking masih terbuka. Hanya saja, hasil akhir perizinan juga akan dinilai berdasarkan keputusan Komite Banding (Komding) PSSI.

Sebelumnya diketahui, Persib Bandung dijatuhi hukuman tanpa penonton akibat kericuhan yang terjadi pada laga Persib vs PSIS Semarang, 27 Februari 2024. Ketika itu, ada kericuhan di luar stadion selepas pertandingan.