Bagikan:

JAKARTA – Federasi Panjat Tebing Seluruh Indonesia (FPTI) cukup optimistis dapat meloloskan dua atlet lagi, satu putra dan satu putri, ke Olimpiade Paris 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, dalam acara pelantikan pengurus baru federasi periode 2023-2027 di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin, 4 Maret 2024.

"Kami berharap, ya (menambah dua atlet lagi). Masih ada dua lagi ajang kualifikasi, satu di Eropa dan satu lagi di China, yang bisa diikuti. Kami berharap semoga bisa dapat lagi dua tiket. Jadi, ada empat," ujar Yenni.

Dua kualifikasi yang bisa menjadi kesempatan FPTI menambah atlet mereka di Paris nanti ialah Olympic Qualifier Series Shanghai 2024 pada 16-19 Mei 2024 dan Olympic Qualifier Series Budapest pada 20 Juni-23 Juni 2024.

Yenny mengatakan peluang menambah atlet panjang tebing ke Paris nanti sangat terbuka lebar. Ia menegaskan stok-stok atlet potensial sangat banyak sehingga bukan hal mustahil target tersebut dicapai.

"Kami masih punya banyak cadangan-cadangan atlet yang tidak kalah hebat. Bahkan, sebetulnya secara prestasi sudah melebihi atlet yang sudah dapat tiket," ujar Yenni.

Yenny terpilih kembali menjadi Ketua Umum FPTI periode 2023-2027 pada Desember 2023. Dia mendapatkan suara terbanyak dalam musyawarah nasional (Munas) yang berlangsung di Cikarang, Jawa Barat.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, usai acara pelantikan berharap cabang panjat tebing di bawah kepemimpinan Yenny bisa maksimal berusaha menambah atlet mereka ke Paris.

"Saat ini kami di Kemenpora berharap kepada FPTI mempersiapkan atlet ke Paris. Semoga bertambah lagi dua atlet lolos. Selain lolos, pulang juga harus membawa medali emas," kata dia.

Saat ini sudah ada dua atlet panjat tebing yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Kedua atlet dimaksud ialah Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Rahmad lolos setelah menjadi juara di kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 pada nomor speed. Sementara Desak menjadi juara di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC di Bern, Swiss, Agustus 2023.