Bagikan:

JAKARTA – PBSI tetap percaya diri cabang olahraga bulu tangkis akan membawa pulang medali Olimpiade Paris 2024 pada pertengahan tahun ini.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Ricky Soebagdja, mengungkapkan ada tiga sektor yang bisa diandalkan di tengah keraguan terhadap bulu tangkis menyusul inkonsistensi atlet mereka.

"Kalau bicara target, semuanya kelima sektor ini sama-sama memiliki peluang," ujar Ricky dalam keterangan pers pada Minggu, 9 Juni 2024.

Meski demikian, Ricky tidak mendetailkan medali apa yang akan menjadi target untuk dibawa pulang nanti.

Dia mengungkapkan bahwa tiga sektor yang memiliki peluang paling besar untuk mendapat medali di Paris nanti ialah tunggal putri, tunggal putra, dan ganda putra.

"Tanpa mengesampingkan ganda putri dan campuran, mereka punya kesempatan. Jadi, tinggal pemain mau atau tidak untuk meraih yang terbaik di Olimpiade Paris 2024, kata dia.

Bulu tangkis diragukan bisa membawa pulang medali dari Paris akibat enam wakil yang sudah memastikan diri lolos menunjukkan performa menurun belakangan ini.

Terbaru, keenam wakil itu tampil di Indonesia Open 2024 yang baru berakhir pada Minggu, 9 Juni 2024. Pada ajang itu, tidak ada satu pun dari mereka yang bisa menginjak partai puncak.

Dari keenam wakil, perjalanan terjauh di turnamen tersebut hanya didapatkan Gregoria Mariska Tunjung. Tunggal putri itu bisa menapaki babak perempat final.

Sementara itu, satu wakil paling jauh mencapai babak kedua melalui pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Sisanya, empat lainnya langsung kandas di babak pertama.

Keempat wakil yang tumbang awal itu ialah duo tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie serta ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.