Bagikan:

JAKARTA - Liverpool serius mendatangkan pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso untuk menggantikan Jurgen Klopp. Alonso pun disodori kontrak tiga tahun setelah Liverpool bertemu dengan agennya, Inaki Ibanez.

Alonso menjadi satu-satunya target Liverpool yang menggantikan Klopp. Klub Premier League Inggris ini pun bergerak cepat demi menggaet Alonso yang saat ini membawa Leverkusen ke puncak klasemen Bundesliga Jerman.

Bagaimana tidak, Liverpool bersaing dengan Bayern Munchen yang bakal melepas pelatih Thomas Tuchel. Sementara, Real Madrid pun bisa menjadi rival meski sudah memperbarui kontrak pelatih Carlo Ancelotti.

Menariknya tiga klub itu pernah diperkuat Alonso selama berkarier sebagai pemain. Alonso berperan penting mengantarkan Liverpool dan Madrid memenangi Liga Champions.

Menurut TEAMtalk, Liverpool bergerak cepat demi mengalahkan Bayern untuk mendapatkan tanda tangan dari Alonso. The Reds juga memberikan kontrak dengan durasi cukup panjang.

Liverpool optimistis menggaet pelatih berusia 41 ini. Terutama setelah klub bertemu dan melakukan negosiasi dengan Ibanez. Sementara, Alonso tak menutup pintu menangani Liverpool.

Dalam pembicaraan dengan Liverpool, Alonso menyampaikan tawaran kembali ke klub lama dan menanganinya merupakan kesempatan bagus yang tidak akan dilewatkannya.

Sebelumnya diinformasikan bila klub sudah melakukan kontak dengan eks pemain yang memperkuat The Kop pada 2004 hingga 2009.

Bila Alonso sepakat dengan tawaran tersebut, Liverpool tidak akan langsung mengumumkannya. Klub menunggu Klopp menyelesaikan tugas sampai akhir musim dan kemudian meninggalkan Anfield.

Selanjutnya, Liverpool menyampaikan bila Alonso yang menggantikan manajer asal Jerman ini.

Hanya saja, Liverpool tak bisa seenaknya mencomot pelatih yang masih terikat kontrak dengan klub lain.

Apalagi, Leverkusen menyertakan klausul rilis untuk Alonso sebesar 15 juta euro. Sedangkan kontrak Alonso di Leverkusen baru berakhir pada 2025.

Bila akhirnya Leverkusen tak bisa mempertahankan Alonso, maka klub bakal meminta harga antara 15 hingga 25 juta euro.

Persoalannya, permintaan itu kemungkinan ditolak Liverpool. Pasalnya tidak ada kebiasaan klub tersebut membayar transfer pelatih/manajer.

Hal tersebut yang menjadi ganjalan Liverpool. Alonso pun bakal bertahan di Leverkusen bila Liverpool menolak permintaan tersebut.