Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, menjadi target Liverpool menggantikan Jurgen Klopp yang mengundurkan diri setelah berakhirnya kompetisi. Liverpool pun sudah mengambil langkah maju dengan menghubungi Alonso.

Liverpool sudah menetapkan Alonso sebagai target utama. Klub memang belum mengumumkan secara resmi ingin merekrut eks pemain The Reds ini.

Namun, dalam laman liverpool.com, pilihan raksasa Liga Inggris ini memang sudah mengerucut kepada dua kandidat, Alonso dan Ruben Amorim.

Amorim merupakan pelatih asal Portugal yang kini mengarsiteki Sporting CP. Dia memang kurang populer meski meraih sukses sebagai pemain maupun pelatih di Portugal.

Dirinya sudah disebut-sebut bakal menangani salah satu klub Liga Inggris. Liverpool sudah memasukkannya sebagai kandidat pengganti Klopp.

Menurut jurnalis televisi Dell Sport, Gianluigi Longari, Alonso berada di daftar teratas sebagai suksesor manajer asal Jerman ini.

"Liverpool telah melakukan evaluasi. Dari banyak kandidat yang masuk, yang ada dalam daftar pertama adalah Xabi Alonso," demikian tulis Longari di akun X (Twitter).

Media pun sudah mendapat informasi bahwa sudah ada pembicaraan antara Liverpool dan Alonso. Klub sudah menghubungi sang mantan.

Liverpool masih melakukan penjajakan awal dengan mengonfirmasi mengenai kemungkinan dirinya kembali ke Anfield untuk menangani The Kop.

Hanya, Alonso belum memberi kepastian. Pembicaraan di antara mereka pun belum melahirkan kesimpulan apakah Alonso bersedia menangani Liverpool atau menolaknya. Namun, pelatih berusia 42 ini menyatakan saat ini dirinya fokus pada Leverkusen.

"Bila ada spekulasi, itu hal yang normal. Saya menaruh respek dengan apa yang sudah dilakukan Jurgen di Liverpool selama sembilan tahun."

"Bagaimana dia bekerja dan menjalin hubungan dengan fans. Dia melakukan pekerjaan yang luar biasa. Namun, fokus saya adalah di Bayer Leverkusen," ujar Alonso.

Leverkusen juga disebut-sebut memiliki klausul kontrak Alonso yang harus ditebus Liverpool bila ingin merekrutnya.

Namun, CEO Leverkusen, Fernando Carro, membantah adanya klausul itu. Dia juga ragu klub bisa mempertahankan Alonso bila Liverpool sudah menghubunginya.

"Tidak ada klausul apa pun. Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Xabi dan kami tahu dia sangat serius dengan klub ini," kata Carro.

"Kami ingin dia bahagia di sini. Namun, kami tidak bisa menghalangi bila dia tak ingin tetap tinggal," ujarnya.