Bagikan:

JAKARTA - Keputusan Jurgen Klopp menginggalkan Liverpool pada akhir musim ini membuat rumor bertebaran. Xabi Alonso muncul sebagai kandidat utama untuk kembali ke Anfield sebagai suksesor manajer asal Jerman itu.

Alonso memang tengah bersinar selama menukangi Bayer Leverkusen. Pada Bundesliga 2023/2024, Leverkusen berada di puncak klasemen dengan 49 poin dari 19 laga.

Mereka berselisih dua poin dari Bayern Munchen yang ada di posis kedua.

Kapasitas Alonso sebagai manajer jelas menjadi alasan dirinya layak menukangi Liverpool selepas kepergian Klopp.

Namun, ternyata Alonso menampik kemungkinan kembali ke Anfield pada awal musim depan. Dia menegaskan masih ingin fokus bersama Leverkusen.

"Saya terkejut dengan berita Jurgen (Klopp). Saya sangat menghormati Jurgen dan Liverpool."

"Saat ini saya sangat bahagia di sini (Leverkusen) dan menikmati pekerjaan saya. Setiap hari dan pertandingan adalah sebuah tantangan. Kami berada dalam perjalanan yang intens dan indah di sini, di Leverkusen."

"Spekulasi adalah hal yang wajar. Namun, saya sangat menghormati dan mengagumi apa yang telah dilakukan Jurgen di Liverpool dalam sembilan tahun terakhir dan bagaimana dia melakukannya."

"Dia punya koneksi dengan fans, dia melakukan pekerjaannya dengan baik, tapi fokus saya ada di sini, di Bayer Leverkusen."

"Saya punya motivasi besar untuk melakukan pekerjaan dengan baik di sini. Saya sangat senang dengan tim, dengan klub, dengan segalanya, jadi itulah fokus saya."

"Namun, apa yang akan saya katakan tentang apa yang terjadi di Liverpool bahwa itu mengejutkan dengan kepergian Jurgen," ujar Alonso dilansir The Sun.

Xabi Alonso tak mau berandai-andai. Rumor yang beredar itu ditanggapi dengan kelakar.

Sejauh ini pula belum ada tanda-tanda Liverpool mencari pengganti Klopp. Selain itu, The Reds juga belum tampak mendekati Xabi Alonsi jika rumor itu benar.

"Sejujurnya, saya tidak punya jawaban langsung (soal menjadi Manajer Liverpool)," kata Alonso diselingi tawa.

"Saya bahagia di sini saat ini, itu sudah pasti, dan hanya memikirkan Leverkusen."

Meski belum menunjukkan ketertarikan, Xabi Alonso pernah bermimpi memimpin Liverpool suatu hari ini. Pernyataan itu ia ungkapkan pada 2018.

"Ya, tentu saja, saya pasti memimpikan hal itu (melatih Liverpool)."

"Pertama-tama, saya harus membuktikan diri dan mempersiapkan diri. Anda tahu, jika saya memutuskan untuk mengambil peluang saya sebagai manajer, Anda tahu hubungan saya, komitmen saya, gairah saya dengan Liverpool ada di sana."

"Kami akan melihat apakah kami dapat menemukan jalan yang sesuai dengan cara kami," ujar Alonso lima tahun lalu di TalkSport.

Xabi Alonso saat ini melatih pemimpin Bundesliga, Bayer Leverkusen, yang tak terkalahkan di semua ajang musim ini. Mereka tengah dalam trek mengejar gelar liga pertama kalinya.

Musim lalu, ketika pertama kali datang ke Leverkusin, eks gelandang Liverpool itu membawa tim finis di peringkat keenam Bundesliga dan masuk Liga Europa.

Sementara itu, Alonso menghabiskan lima tahun di Anfield sebagai pemain (2004-2009). Selama itu, ia mencatatkan 210 penampilan dan mencetak 18 gol. Dia juga membantu tim memenangi Liga Champions dan Piala FA.