Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, tak minat pindah ke Liverpool, Bayern Munchen, atau Real Madrid. Legenda Bayern, Lothar Matthaus, menyebut Alonso bakal tetap bertahan di Leverkusen.

Alonso tiba-tiba menjadi trending dan incaran klub-klub top Eropa, terutama Liverpool dan Bayern. Gara-garanya, kinerja apik Alonso di Leverkusen.

Dirinya sukses mengantarkan Leverkusen menduduki puncak klasemen Bundesliga 2023/2024. Dengan keunggulan delapan poin dari Bayern yang berada di peringkat kedua, Leverkusen berpeluang besar merah titel liga untuk kali pertama dalam sejarah klub.

Tak hanya itu, Leverkusen juga masih bertahan di Piala Jerman atau DFB Pokal 2023/2024 dan Liga Europa 2023/2024.

Jadi, Leverkusen berpeluang meraih treble musim ini. Bila Leverkusen meraih salah satu gelar saja, Alonso pun sukses menghapus sebutan negatif 'neverkusen', alias tim yang tak pernah memenangi trofi.

Performa gemilang Leverkusen menjadikan pelatih asal Spanyol ini sebagai target. Liverpool mencari manajer anyar menggantikan Jurgen Klopp yang mengundurkan diri pada akhir musim.

Liverpool semula hanya sendirian dalam perburuan Alonso. Namun, Bayern ternyata ikut memburu dia karena bakal memutus kontrak pelatih Thomas Tuchel pada akhir musim. Baik Bayern maupun Liverpool pernah diperkuat Alonso saat masih menjadi pemain.

Hanya saja, Matthaus tak yakin Alonso bakal meninggalkan Leverkusen pada akhir musim ini. Menurut dia, Alonso tetap punya ambisi suatu saat nanti melatih Liverpool, Bayern, atau Madrid.

"Impiannya suatu saat nanti dia melatih Bayern, Liverpool, atau Madrid. Namun, menurut saya, dia masih belum selesai dengan Leverkusen. Alonso bukan sosok yang gampang tergiur dengan nama besar klub. Apalagi, dia pernah bermain di klub-klub besar itu," ujar Matthaus.

Selain itu, Alonso bukan tipe pelatih yang hanya berpikir soal gaji atau sisi ekonomi.

"Dia tidak akan pindah karena faktor ekonomi. Yang ada di pikiran dia ialah bagaimana dia membangun sebuah tim serta siapa yang dia ajak untuk membangun tim itu," ucapnya.

"Dia tahu dari mana dia berasal dan kepada siapa dia berutang. Itulah mengapa saya tidak yakin dia akan bergabung dengan klub lain musim depan."

Eks kapten Timnas Jerman ini menyatakan untuk saat ini tidak ada calon pelatih Bayern yang lebih baik dari Alonso. Namun, saat ini dia tak memikirkan klub lain selain bagaimana membawa Leverkusen meraih sukses.

"Saat ini, tidak ada pelatih Eropa atau dunia yang lebih pantas menangani Bayern dibandingkan Xabi Alonso. Persoalannya, Alonso sepenuhnya fokus di Leverkusen dan ini hal yang bagus," ucapnya.

"Dia juga belum tertarik ke Bayern atau Liverpool maupun Madrid. Yang menjadi minat dia saat ini ialah fokus memenangi tiga titel juara bersama Leverkusen," kata Matthaus, eks Inter Milan yang membawa Jerman menjadi juara di Piala Dunia 1990.