Usai Xabi Alonso, Ruben Amorim Muncul sebagai Calon Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool
Jurgen Klopp (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA – Pelatih kepala Sporting Lisbon, Ruben Amorim disebut menjadi nama terbaru yang muncul dalam daftar pengganti Jurgen Klopp di Liverpool.

Akhir musim 2023-2024 akan menandai berakhirnya era emas bagi Liverpool dan Klopp, yang mengundurkan diri dari jabatannya setelah hampir sembilan tahun memimpin The Anfield Gank.

Klopp menyampaikan kabar mengejutkan dengan memutuskan mundur dari The Reds meski masih terikat kontrak hingga 2026. Keputusan itu diumumkan di saat Virgil van Dijk dkk tengah bersaing mendapatkan empat gelar di musim ini.

Karena itu, direksi Liverpool harus bekerja keras menyusun daftar nama pengganti Klopp di musim panas. Pelatih Bayer Leverkusen yang juga mantan gelandang Liverpool, Xabi Alonso muncul sebagai favorit utama.

Tapi, Liverpool bisa menghadapi persaingan dari Bayern Munich dan Real Madrid untuk mendapatkan tanda tangan Alonso. Selain itu, Leverkusen disebut-sebut optimistis dapat mempertahankan pelatih asal Spanyol itu untuk musim 2024-2025.

Kini, media Portugal CM Jornal seperti dilansir Sportsmole, nama Ruben Amorim menyeruak sebagai salah satu kandidat pelatih The Reds musim depan. Amorim disebut menarik perhatian direksi Liverpool karena kinerjanya yang luar biasa bersama Sporting Lisbon.

Pelatih yang baru berusia 39 tahun itu mulai mencuri perhatian usai membawa Braga menjuarai Taca da Liga musim 2019-2020 bersama Braga. Hengkang ke Sporting, tangan dingin Amorim kembali terbukti dengan memimpin Sporting Lisbon meraih gelar ganda Liga Primeira Portugal dan Taca de Portugal pada musim 2020-2021.

Musim ini, Sporting telah mengumpulkan 49 poin dari 19 pertandingan di Liga Primeira Portugal untuk duduk di puncak klasemen – unggul satu poin dari Benfica – dan mereka akan menghadapi Young Boys di babak playoff babak sistem gugur Liga Europa.

Kontrak Amorim dengan Sporting masih berlaku selama dua setengah tahun lagi, namun laporan tersebut menambahkan bahwa ada klausul pelepasan dalam kesepakatannya, yang memungkinkan dia bergabung dengan klub Liga Inggris dengan biaya 20 juta Euro atau sekitar Rp340 miliar.

Besarnya klausul pelepasan Ruben Amorim inilah yang diklaim menjadi pertimbangan Liverpool sebelum memboyongnya ke Anfield. Sebab, The Reds diyakini tetap menjadikan Xabi Alonso sebagai prioritas utama pengganti Jurgen Klopp.