Menang Lawan Luton, Liverpool Kembali Tinggalkan Man City
Liverpool mengukuhkan posisi di puncak klasemen Premier Lague Inggris setelah mengalahkan Luton Town 4-1. (X/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool kembali meninggalkan Manchester City dalam perburuan poin di kompetisi Premier League Inggris. Terutama setelah Liverpool menang 4-1 atas tim papan bawah Luton Town dalam laga di Stadion Anfield, Kamis, 22 Februari 2024 dini hari WIB.

Liverpool konsisten meraih kemenangan dalam persaingan memperebutkan titel liga. Ini menjadikan Liverpool kembali menjauh dari kejaran Man City yang mengalahkan Brentford 1-0.

Meski belum diperkuat Mohamed Salah, Darwin Nunez dan bek Trent Alexander-Arnold, Liverpool masih terlalu kuat bagi Luton. Bahkan The Reds sesungguhnya sempat kecolongan gol pada menit-menit awal pertandingan.

Namun tim asuhan Jurgen Klopp mampu membalikkan keadaan di babak kedua dan memenangkan pertandingan.

Kemenangan atas Luton menjadikan Liverpool mendapatkan poin 60. Unggul empat poin dari Man City yang berada di peringkat dua. Namun The Cityzens masih memiliki satu pertandingan yang harus diselesaikan.

Sementara, Luton gagal memperbaiki posisinya setelah kehilangan poin. Luton tetap berada di zona degradasi dengan menduduki peringkat 18.

Mereka memiliki pon 20 atau sama dengan Everton. Hanya Everton yang berada di posisi 17 unggul selisih gol.

Di laga itu, Liverpool terlambat panas. Mereka pun tertinggal lebih dulu saat serangan Luton membuahkan gol di menit 12. Berawal dari tendangan keras Tahith Chong yang mengarah kepada kiper Caoimhin Kelleher.

Bola yang berhasil diblok Kelleher kemudian menjadi liar. Situasi itu dimanfaatkan dengan baik oleh Chiedozie Ogbene yang menyundul bola untuk membobol gawang Liverpool.

Setelah gol itu, Liverpool mulai bangkit. Hanya, mereka menghadapi pertahanan solid Luton sehingga agak kesulitan untuk mencetak gol.

Beberapa peluang tercipta dari pemain Liverpool seperti Joe Gomez dan Wataru Endo. Hanya, tendangan mereka yang mengarah gawang masih tak membahayakan Luton. Skor satu gol untuk Luton bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuk babak kedua, Liverpool tampil beda. Mereka lebih agresif dalam menekan pertahanan tim tamu.

Liverpool sempat mendapat peluang penalti di menit 52. Namun wasit kemudian meninjau lewat VAR. Hasilnya tidak ada pelanggaran dari pemain Luton dan wasit melanjutkan pertandingan.

Hanya berselang empat menit, Liverpool akhirnya berhasil membobol gawang Luton. Kapten Virgil van Dijk sukses menyamakan skor setelah sundulannya yang menyambut umpan dari Alexis Mac Allister menaklukkan kiper Thomas Kaminski.

Gol itu sudah langsung merusak moral pemain Luton. Mereka tak cepat bangkit dan tak lama kemudian gawang Luton kembali kemasukan.

Lewat sebuah serangan, pemain depan Liverpool Cody Gakpo mengakhirinya dengan sepakan dari jarak dekat. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Liverpool di menit 58.

Liverpool pun bermain solid dan menguasai permainan. Mereka menunjukkan konsistensi dengan bermain menyerang.

Upaya Liverpool pun kembali membuahkan gol. Kali ini, Luis Diaz yang memantapkan keunggulan The Kop menjadi 3-1 di menit 77. Dirinya sukses menuntaskan assist dari Andrew Robertson.

Pemain sayap Harvey Elliot menutup kemenangan Liverpool dengan mencetak gol di menit terakhir.

Dirinya menyambut bola liar untuk membobol gawang Luton. Skor berubah menjadi 4-1 dan bertahan sampai akhir laga.