Maret Bukan Bulan Mudah bagi Manchester United dan Erik ten Hag
Manchester United bakal melakoni laga-laga tak mudah selama bulan Maret 2024. (X/@ManUtd)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United menutup Februari 2024 dengan kemenangan dan lolos ke perempat final Piala FA 2023/2024. Namun, MU dan Manajer Erik ten Hag bakal memasuki Maret 2024 dengan laga-laga tak mudah karena bertemu Manchester City dan Liverpool.

MU harus bekerja keras sebelum menang 1-0 atas Nottingham Forest pada babak kelima Piala FA di Stadion City Ground, Nottingham, Kamis, 29 Februari 2024, dini hari WIB. Kemenangan itu membawa MU bertemu Liverpool di perempat final.

Dari hasil undian yang dilakukan pada Kamis, 29 Februari 2024, MU bertemu Liverpool yang berambisi merengkuh empat trofi dalam satu musim.

Liverpool sudah memenangi Carabao Cup 2023/2024. MU tentu bakal menjadi ganjalan bagi ambisi The Reds.

Hanya saja, MU memang tak lagi selevel dengan Liverpool. Meski mendapat keuntungan karena bermain di kandang, Old Trafford, pada 16 Maret 2024, MU tetap tak diunggulkan dalam duel The North West Derby.

Kualitas dan level bermain yang membedakan kedua tim. Selain itu, kedalaman skuat menjadikan Liverpool sedikit di atas angin.

Namun, Manajer Erik ten Hag tetap optimistis menghadapi persaingan berat pada Maret 2024. Menurut dia, kemenangan atas Forest telah mengembalikan kepercayaan diri pemain.

Lebih dari itu, MU sudah memiliki konsistensi. Hal itu menjadikan MU bakal mampu melewati hadangan di Piala FA dan Liga Inggris 2023/2024.

"Setiap kemenangan itu sangat penting. Kami akan menikmatinya selama 24 jam ke depan. Selanjutnya, kami sudah harus melupakannya," kata Ten Hag.

"Laga-laga penting bakal kami hadapi. Tim ini menunjukkan penampilan yang bagus. Saya berharap mereka bisa menunjukkannya di setiap pertandingan."

"Saya pernah menyaksikan penampilan seperti ini bulan-bulan sebelumnya," ucap eks pelatih Ajax Amsterdam ini.

"Kami sudah menemukan cara untuk menang. Kami juga cukup konsisten. Memasuki tahun baru ini kami hanya kalah sekali. Ini tentu tidak mudah. Saya bangga pada pemain," tuturnya.

Sebelum meladeni Liverpool, Bruno Fernandes dan kolega sudah bertemu lawan berat, Manchester City. Derby Manchester digelar di Stadion Etihad, Minggu, 3 Maret 2024. Partai ini tak mudah bagi The Red Devils saat memulai bulan Maret 2024.

Seperti saat menghadapi Liverpool, mereka pun tak diunggulkan. Setelah berakhirnya era kejayaan bersama Manajer Sir Alex Ferguson, MU hanya menjadi bulan-bulanan Man City.

Bahkan, untuk menang di kandang sendiri, MU susah melakukannya. Apalagi saat tandang ke Etihad.

Musim ini, MU sudah dibantai Man City 0-3 di Old Trafford. Bagaimana dengan di kandang lawan? Man City bakal melakukannya lebih mudah.

Pada musim-musim sebelumnya, The Citizens dengan gampang menang 6-0 dan 4-1. Nyaris tidak ada perlawanan dari pasukan Ten Hag.

Repotnya lagi, Man City tengah on fire. Striker Erling Haaland mencetak lima gol saat Man City menghajar Luton Town 6-2.

Haaland menunjukkan sebagai mesin gol andalan dengan mencetak 52 gol di berbagai kompetisi musim lalu.

Namun, cedera kaki membuat dirinya mengalami hambatan membobol gawang lawan. Haaland baru mengemas tiga gol dari sembilan laga sejak dirinya kembali bermain. Kini, eks penyerang Borussia Dortmund ini telah kembali pada performa terbaik.

"Kami telah datang. Kami telah kembali. Saya kembali ke performa terbaik saya. Kami bakal menjalani pertandingan yang luar biasa. Kami pun sudah siap menyerang," kata Haaland.

Laga-laga tak mudah bagi Ten Hag justru bisa membantu mendongkrak kinerjanya bila MU mampu mengatasi lawan-lawannya. Edisi Maret 2024 bakal menjadi ujian berat Ten Hag yang dikabarkan bakal diberhentikan setelah berakhirnya kompetisi.

Selain menghadapi dua raksasa Liga Inggris, MU akan menjamu Everton pada Sabtu, 9 Maret 2024. Mereka juga melakoni laga tandang menghadap Brentford pada Minggu, 31 Maret 2024, dini hari WIB.

Laga ini diharapkan bisa dimenangi untuk mendongkrak posisi MU yang berambisi masuk zona Liga Champions.