Napoli Sambut Stefano Pioli bila Dipecat AC MIlan
Pelatih AC Milan Stefano Pioli diminati Napoli. (acmilan.com

Bagikan:

JAKARTA - Napoli tertarik merekrut pelatih Stefano Pioli bila dipecat AC Milan. Meski ada beberapa alternatif pelatih, Pioli menjadi prioritas Napoli.

Napoli memanaskan laga melawan Milan di Serie A 2023/2024. Sang juara bertahan menyambangi Stadion San Siro dalam duel yang berlangsung Senin, 12 Februari 2024, dini hari WIB.

Entah ingin psy war atau memang berniat merekrut Pioli, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis menyatakan keinginannya merekrut Pioli untuk menangani I Partenopei musim depan.

De Laurentiis mempertimbangkan membawa Pioli ke Napoli bila musim depan tak lagi dipertahankan Milan. Dia masih memantau situasi Pioli yang mendapat tekanan setelah Rossoneri gagal bersaing dalam perebutan titel liga.

Meski saat ini menduduki peringkat ketiga, Milan dinilai sulit mengejar rival satu kota, Inter Milan, yang memimpin klasemen sementara. Inter sendiri masih kokoh di puncak dengan 57 poin dan terpaut delapan poin dari Milan.

Namun, tak mudah bagi Milan memburu tiga kemenangan sambil berharap Inter kehilangan poin. Pasalnya, I Nerazzurri masih menunjukkan konsistensi.

Begitu pula Juventus yang bertengger di peringkat kedua dengan memiliki 53 poin. Milan memang fokus mengejar Juve sembari menunggu Inter terpeleset.

Hanya saja, fans menilai Milan sudah gagal. Apalagi, tim juga tersingkir di Liga Champions 2023/2024.

Meski masih berkompetisi di Liga Europa atau kasta kedua Eropa, Pioli dinilai sudah gagal. Ini yang menjadikan fans tak lagi antusias saat Milan melakoni putaran kedua kompetisi.

Pioli sesungguhnya tak sepenuhnya gagal. Namun, dia tetap mendapat tekanan sehingga Milan kemungkinan memberhentikan sang pelatih saat berakhirnya musim.

Selain itu, sudah ada beberapa kandidat yang akan menggantikan Pioli. Sebut saja, Antonio Conte yang masih menganggur setelah meninggalkan Tottenham Hotspur dan Julien Lopetegui, mantan pelatih Timnas Spanyol dan terakhir kali menjadi Manajer Wolverhampton Wanderers.

Terlepas bahwa De Laurentiis tengah memanaskan laga Milan melawan Napoli, tapi dirinya memang mendukung Pioli. De Laurentiis berharap pelatih berusia 58 ini bisa menggantikan Walter Mazarri.

Persoalannya, Pioli menerima gaji lebih besar dibandingkan pelatih di Napoli. Di Milan, Pioli mengantongi gaji 4 juta euro per tahun. Sedangkan Napoli hanya memberi gaji 2,8 juta euro kepada Luciano Spalletti yang kemudian membawa tim meraih scudetto.

Sedangkan Rudi Garcia yang menggantikan Spalletti menerima gaji lebih tinggi 3 juta euro per tahun. Meski demikian, Garcia malah gagal dan diberhentikan.

De Laurentiis juga memiliki beberapa alternatif pelatih. Selain Pioli, pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini dan Vincenzo Italiano yang menangani Fiorentina menjadi kandidat melatih Napoli.

Namun, De Laurentiis tak akan tergesa-gesa menetapkan pelatih untuk menghadapi kompetisi musim depan seperti saat menunjuk Garcia.