Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Chelsea Enzo Fernandez melakukan selebrasi unik saat mencetak gol lewat tendangan bebas di laga ulang Piala FA melawan Aston Villa. Selebrasi yang menepis rumor dirinya ingin hengkang. Manajer Mauricio Pochettino menyebut selebrasi Fernandez sebagai reaksi bahwa pemain itu bukan robot.

Fernandez mencetak gol indah sekaligus memantapkan keunggulan Chelsea di laga Piala FA di Stadion Villa Park, Kamis, 8 Februari 2024 dini hari WIB. Gol tercipta lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti yang melewati pagar empat pemain Villa.

Chelsea pun menutup laga dengan kemenangan 3-1. Mereka pun lolos ke babak kelima Piala FA untuk menghadapi tim Championship Leeds United.

Di pertandingan itu, Fernandez menunjukkan performa terbaik. Pemain termahal yang dibeli dengan harga 107 juta poundsterling dari Benfica ini tidak hanya mendominasi lini tengah. Dirinya mampu mengontrol tempo permainan dengan sangat baik.

Puncaknya, gelandang tim nasional Argentina ini mencetak gol lewat tendangan bebas. Dirinya langsung melakukan selebrasi melepas jersey dan mengarahkannya ke kamera.

Fernandez menunjuk ke kepala dan kemudian jarinya menunjuk ke tanah. Selebrasi itu sebagai cara dia menepis rumor bakal meninggalkan Chelsea. Sempat jadi sorotan selama dua hari terakhir karena Fernandez dikabarkan ingin hengkang dari Stamford Bridge.

Dirinya kemudian menepis isu itu sekaligus menunjukkan komitmen pada The Blues saat merayakan gol.

Pochettino mengatakan bila selebrasi itu sebagai reaksi atas caci-maki yang diterima pemain di media sosial. Apalagi, dirinya dibeli dengan harga mahal oleh Chelsea. Meski demikian, Pochettino merasa senang dengan reaksi pemain.

"Lihat saja, kita hidup di era di mana orang begitu mudah mencaci-maki. Mereka bebas saja memaki orang di depan umum. Dan, wajar bila pemain gampang saja dicaci. Mereka itu manusia dan bukan robot," ujar Pochettino.

"Menurut saya pemain perlu dipahami bahwa mereka itu bermain sepak bola. Jadinya situasi seperti itu membuat kami marah. Situasi yang jelas tidak fair. Tetapi Enzo menunjukkan mengapa dia di sini. Dia menunjukkan kualitasnya," kata dia lagi.

"Tetapi kami tak pernah ragu dengan dia atau [Moises] Caicedo atau pemain lain. Pemain muda datang dengan ekspetasi memenangkan titel atau paling tidak mencetak hanya dengan satu sentuhan,"

Lebih lanjut Pochettino menuturkan Fernandez merupakan salah satu pemain muda yang datang ke Stamford Bridge dan langsung melakoni berbagai kompetisi tanpa istirahat. Dengan lingkungan, budaya dan bahasa yang berbeda, mereka memang butuh waktu.

"Saat dia datang hampir dua tahun lalu, dia tak pernah istirahat. Tak ada libur buat dia. Dengan tekanan yang tinggi, bahasa, lingkungan dan budaya yang berbeda, tim butuh waktu untuk dibangun kembali. Saya tidak ingin mencari alasan, tetapi saya percaya kepada pemain," ucapnya

Di pertandingan itu, Chelsea bermain maksimal sejak menit pertama. Mereka langsung unggul lewat gol Conor Gallagher. Selanjutnya, striker Nicolas Jackson memantapkan keunggulan The Blues.

Fernandez melengkapi kemenangan tim. Sedangkan satu-satunya gol Villa dihasilkan Moussa Diaby di injury time. Chelsea pun menang 3-1.