Chelsea Vs Burnley: Pertahankan Rekor Kandang
Chelsea percaya diri mengalahkan Burnley di pertandingan Premier League. (X/@ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA - Chelsea berambisi memperpanjang rekor kandang saat menjamu Burnley di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Stamford Bridge, Sabtu, 30 Maret 2024 malam WIB. Ini menjadi misi penting Chelsea demi meraih tiket ke Eropa.

Kemenangan menjadi target mutlak Chelsea. Tim yang saat ini masih tertahan di papan tengah berusaha memperbaiki posisi sekaligus membuka harapan berlaga di Eropa.

Harapan bermain di Liga Champions sudah pasti tertutup karena sulit bagi The Blues masuk empat besar. Sedangkan peluang ke Liga Europa pun tak mudah. Target realistis Chelsea tak lain UEFA Conference League atau kompetisi kasta ketiga Eropa.

Namun Chelsea tetap harus berusaha keras untuk menggapainya. Dan laga melawan Burnley menjadi tangga bagi klub London Barat itu untuk menapak ke posisi lebih tinggi. Pasalnya, Chelsea masih tertahan di peringkat 11 dengan poin 39.

Tim asuhan Mauricio Pochettino memiliki modal bagus untuk memperbaiki peringkat. Mereka tercatat lima kali meraih kemenangan di laga kandang.

Rekor itu yang ingin dipertahankan Chelsea dalam duel tersebut. Apalagi, Burnley merupakan tim papan bawah dan terancam turun kasta.

Pochettino optimistis mengatasi Burnley dan membuka harapan bermain di Conference League. Menurut dia Chelsea seharusnya berada di empat besar.

"Bila melihat data, kami seharusnya menempati peringkat empat. Tetapi dengan alasan berbeda, kami tidak berada di posisi itu," kata Pochettino.

"Dari data itu menunjukkan bila tim menunjukkan penampilan dan perkembangan yang bagus. Lalu di bagian mana yang harus harus dibenahi? Kami hanya perlu bersaing lebih baik dan memperbaiki detil tim. Anda hanya butuh pengalaman dan waktu untuk bermain bersama lagi," ucapnya.

Persoalannya, Chelsea masih belum bisa menurunkan skuat terbaik. Bek Ben Chilwell yang baru pulih dari cedera sudah harus menjalani perawatan lagi usai memperkuat tim nasional Inggris pada laga uji coba.

Pochettino sempat mempertanyakan keputusan manajer Inggris Gareth Southgate yang menurunkan Chilwell pada dua laga melawan Brasil dan Belgia.

Bahkan saat menghadapi Belgia, Southgate memainkan bek berusia 27 ini secara penuh. Sementara, Chilwell baru pulih dari cedera.

Chilwell mengalami dead leg atau memar di bagian paha saat kembali ke klub. Pochettino hanya berharap kondisinya sudah membaik saat menghadapi Burnley.

Sedangkan kiper Robert Sanchez kembali absen di laga itu. Gelandang Enzo Fernandez juga disorot kebugarannya usai memperkuat timnas Argentina. Meski demikian, Pochettino yakin Fernandez bisa dimainkan.

Sementara, Burnley kehilangan gelandang veteran Aaron Ramsey dan Luca Koleosho yang mengalami cedera lutut. Meski demikian, The Clarets justru menunjukkan performa yang terus membaik.

Pada laga terakhir sebelum jeda kompetisi, Burnley mengungguli Brentford 2-1. Mereka memenangkan pertandingan justru bermain dengan 10 orang sejak menit delapan menyusul dikartumerahnya Sergio Reguilon.

Hanya saja Burnley bakal bekerja ekstrakeras membendung permainan agresif Chelsea yang tampil di kandang sendiri. Bukan pekerjaan gampang bagi manajer Vincent Kompany menghadapi tuan rumah yang selalu menang selama lima laga home.

Prakiraan Susunan Pemain

Chelsea (4-2-3-1): Petrovic; Gusto, Disasi, Silva, Chilwell; Caicedo, Fernandez; Palmer, Gallagher, Mudryk; Jackson

Burnley (4-4-2): Trafford; Assignon, O'Shea, Esteve, Taylor; Vitinho, Cullen, Berge, Larsen; Odobert, Foster

Terkait