9 Atlet Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024
Atlet lari Odekta Elvina Naibaho.(Dok. INSTAGRAM @odekta_naibaho23)

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia resmi sudah meloloskan sebanyak sembilan atlet ke Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung 26 Juli sampai 11 Agustus nanti.

Dua tiket terbaru didapat oleh duo atlet lari Lalu Muhammad Zohri dan Odekta Elvina Naibaho. Keduanya diberi fasilitas wildcard untuk tampil di ajang empat tahunan itu.

Komite Olimpiade Indonesia (NOC) Indonesia mengonfirmasi kelolosan dua atlet atletik tersebut melalui unggahan di Instagram, Jumat, 29 Maret siang WIB.

“Selamat untuk dua pelari andalan Indonesia Lalu Muhammad Zohri di nomor 100 meter putra dan Odekta Elvina Naibaho di nomor Marathon putri mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris 2024 melalui quota wildcard,” tulis keterangan NOC.

Ini merupakan Olimpiade kedua bagi Zohri. Dia sebelumnya membela Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, di mana ia langsung terhenti di babak penyisihan.

Sementara itu, bagi Odekta ini adalah partisipasi pertamanya di ajang bergengsi empat tahunan tersebut.

Tujuh atlet Indonesia sebelumnya yang sudah memastikan diri lolos masing-masing dua dari panahan, satu dari senam, satu menembak, dua panjat tebing, dan satu sisanya dari selancar.

Dari cabor panahan adalah Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa, lalu dari senam ada Rifda Irfanaluthfi, di menembak tiket sudah didapat Fathur Gustafian, kemudian dua dari panjat tebing Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi, serta dari selancar Rio Waida.

Di edisi tahun ini, Indonesia menargetkan bisa meloloskan lebih dari 28 atlet ke ajang itu dan membawa pulang lebih dari dua keping medali emas untuk pertamanya dalam sejarah Olimpiade.