Man City vs Arsenal: De Bruyne Bisa Tampil, Stones dan Walker Absen
Bek Manchester City Kyle Walker dipastikan absen melawan Arsenal. (X/@ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Bek Kyle Walker dan John Stones dipastikan absen saat Manchester City menjamu Arsenal dalam big match Premier League Inggris di Stadion Etihad, Minggu, 31 Maret 2024 malam WIB. Namun gelandang Kevin De Bruyne bisa tampil di laga krusial itu.

Laga krusial bagi kedua tim yang berburu trofi liga. Man City butuh menang demi menjaga persaingan memperebutkan posisi puncak.

Saat ini, Man City yang menduduki peringkat tiga memiliki 63 poin. Mereka tertinggal hanya satu poin dengan Arsenal yang bertengger di puncak dan Liverpool.

Hanya saja dalam upaya memenangkan laga besar itu, Man City kehilangan duo pemain belakang, Walker dan Stones. Keduanya mengalami cedera saat memperkuat Inggris di pertandingan uji coba.

Walker mendapat cedera saat menjadi kapten di laga Inggris melawan Brasil. Dirinya hanya bermain selama 20 menit karena mengambil cedera.

Sementara, Stones masih bermain penuh di laga yang dimenangkan Brasil 1-0 itu. Namun bek berusia 29 ini akhirnya hanya bermain 10 menit dalam uji coba melawan Belgia yang berakhir imbang 2-2.

Man City berharap cedera Walker tak serius sehingga dia bisa pulih sebelum laga melawan Arsenal. Hanya saja, cedera bek berusia 33 ini malah lebih parah ketimbang Stones.

"Begitulah yang terjadi," kata manajer Pep Guardiola. "Cedera Walker lebih serius daripada Stones," jawabnya. Guardiola pun menolak berkomentar lebih lanjut. Termasuk kondisi Stones setelah mengalami cedera.

"Saya lebih baik tidak berkomentar," kata Guardiola lagi

Manajer timnas Inggris Gareth Southgate sempat mendapat kritikan karena tetap menurunkan Stones di laga melawan Belgia.

Pasalnya, dia sudah bermain penuh di pertandingan sebelumnya. Namun Southgate menjawab bila Stones dalam kondisi terbaik dan bisa tampil melawan Belgia.

Bila duo bek itu harus menepi, sebaliknya kiper Ederson berpeluang kembali berdiri di bawah mistar.

Ederson sudah absen saat Man City menyingkirkan Newcastle United di perempat final Piala FA. Dirinya pun tidak dipanggil timnas Brasil karena masih menjalani pemulihan.

Selain Ederson, Man City kembali diperkuat De Bruyne. Meski masih menjalani proses pemulihan dari cedera pangkal paha, namun dia sudah kembali berlatih. Ini untuk kali kedua gelandang Belgia ini mengalami cedera.

Sebelumnya, dia menjalani operasi hamstring dan harus beristirahat selama lima bulan. Saat telah kembali bermain, De Bruyne kemudian cedera lagi.

"Kevin merupakan pemain penting kami. Namun dia memang menjalani musim yang tak mudah," kata Guardiola. "Dia memang sudah kembali berlatih, tetapi kami masih harus melihat kondisi terakhir dia," ucapnya.

Man City memang menunjukkan konsistensinya sehingga kembali menjaga peluang mempertahankan titel liga.

Tim sudah tak terkalahkan sejak 6 Desember lalu. Hanya saja pada lima laga terakhir, The Citizens tercatat dua kali bermain imbang.

Arsenal pun bakal menjadi lawan serius Man City. Ditangani Mikel Arteta yang sebelumnya menjadi asisten Guardiola di Man City, mereka memenangi delapan pertandingan secara berturut-turut.

Arsenal juga menunjukkan produktivitasnya dengan mengemas 33 gol selama pertandingan itu.

Pada duel musim lalu, Man City menang telak 4-1 atas Arsenal. Kemenangan yang membantu Man City mendongkel Arsenal dari takhta klasemen dan kemudian memenangi Premier League untuk ketiga kalinya.