Dinantikan Sejak Lama, BMW Resmi Perkenalkan Seri-5 Touring Terbaru
BMW 520d xDrive Touring. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah penantian panjang, BMW mengungkapkan wujud dari Seri-5 Touring yang diposisikan sebagai kendaraan kelas menengah atas. Mobil ini menawarkan desain sporty serta fungsionalitas yang modern.

Tidak hanya hadir dalam versi mesin pembakaran (ICE), i Seri-5 Touring juga memiliki versi kendaraan listrik (EV), yakni i5 Touring, menawarkan kecanggihan yang mengakomodir mobilitas keseharian ramah lingkungan dan penuh dengan gaya.

Dilansir dari laman resmi perusahaan, Rabu, 7 Februari, mobil bergaya wagon ini memiliki desain lebih dinamis dibanding pendahulunya dengan panjang 5.060 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.515 mm, serta wheelbase hingga 2.995 mm, memberikan ruang interior lapang.

8
BMW 520d eDrive40 Touring. (Dok. BMW Group)

Sama seperti versi sedan, Seri-5 Touring dibekali dengan grill khas dihiasi oleh penerangan kontur dari ‘BMW Iconic Glow’ sebagai opsional dan pencahayaan dengan unsur elemen LED vertikal yang masing-masing berfungsi sebagai indikator dan DRL.

Tampilan sampingnya memiliki grafis jendela datar dan sayap belakang yang mempertegas desain kotak yang elegan. Kemudian, pola pada pelek belakang dipahat dengan presisi, bersama dengan jendela belakang yang datar, memperlihatkan postur lebar dan gagah pada model ini.

Lebih lanjut, pabrikan memberi mobil tersebut dengan pelek ringan berukuran 18 inci dan 19 inci untuk model berpenggerak listrik dan plug-in hybrid sebagai standar. BMW juga menyediakan pelek 21 inci sebagai opsional.

7
Interior i5 M60 xDrive Touring

Sementara itu, bagian dalamnya menampilkan desain kokpit yang modern dengan dihiasi oleh BMW Curved Display yang menggabungkan layar informasi 12,3 inci dan layar kontrol diagonal 14,9 inci yang membentuk tampilan digital.

Melengkapi tampilan premium, perusahaan juga menghadirkan unsur sporty dengan jok bergaya balap sebagai standar, setir kemudi berbentuk flat-bottomed, dan BMW Interaction Bar sebagai opsional.

Pabrikan asal Jerman ini juga mengedepankan unsur keberlanjutan pada kendaraan ini dengan interior yang dipenuhi material dari vegan. 

Perlengkapan opsional lainnya termasuk jok kulit BMW Individual Merino dalam beberapa varian dua warna. Sorotan lain dari program perlengkapan opsional termasuk atap kaca panoramik dan sistem suara dari Bowers & Wilkins sebanyak 18 speaker berkualitas tinggi.

Dari segi performa, perusahaan menghadirkan versi mesin diesel 4-silinder yang menyatu dengan sistem mild-hybrid 48V serta transmisi delapan percepatan Steptronic, sehingga menghasilkan tenaga hingga 197 dk dan torsi 400 Nm. Versi mesin 6-silinder segaris akan diluncurkan pada musim panas 2024 mendatang bersamaan dengan diungkapkannya varian plug-in hybrid.

7
BMW i5 M60 xDrive Touring

Sementara itu, versi listriknya menawarkan motor listrik ganda yang tertanam di gandar depan dan belakang, sehingga menghasilkan daya hingga 601 dk dan torsi 820 Nm untuk tipe i5 M60 xDrive Touring.

8
BMW i5 eDrive40 Touring

Sementara itu, varian Seri-5 eDrive40 Touring dibekali dengan motor listrik tunggal yang berada di bagian belakang, sehingga mampu memproduksi tenaga 340 dk dan torsi 430 Nm.

Dengan baterai berkapasitas 81,2 kWh, pabrikan mengeklaim bahwa mobil ini mampu menawarkan daya jangkauan 445 km ke 506 km pada tipe i5 M60 xDrive dan 483 km hingga 560 km pada varian i5 eDrive Touring.

Mobil dengan tampilan elegan ini akan diproduksi dalam pabrik Dingolfing milik BMW Group. Pabrikan mengungkapkan model ini akan dijual di Eropa dan Jepang pada Mei mendatang, diikuti oleh pasar lainnya di bulan Juni.