Bagikan:

JAKARTA - Setelah sukses meluncurkan Seri-5 dan i5 pada akhir Mei lalu, BMW berniat untuk memperluas jajaran kendaraan ini dengan menyediakan varian terbaru. Ini diungkap oleh pabrikan bahwa model tersebut akan tiba dalam beberapa waktu mendatang.

Dilansir dari laman resmi BMW Group, Rabu, 18 Oktober, pabrikan memberi isyarat terkait kemunculan model Seri-5 terbaru. Berbeda dengan versi sedan, model tersebut akan hadir dalam bentuk wagon.

Dalam gambar yang dipublikasikan oleh pabrikan Bavaria ini, mobil yang nantinya bernama Seri-5 Touring tersebut akan memiliki atap panjang khas wagon Eropa. Mobil ini ditampilkan bayangan siluetnya dengan lampu depan dan belakang yang menyala dengan elegannya.

Dibangun dengan platform CLAR, yang artinya sebagian besar kendaraan ini tidak memiliki perubahan yang signifikan dengan tipe lainnya. Agar tampilan menjadi lebih sporty, wagon tersebut akan dilengkapi spatbor lebih lebar, empat buah knalpot, serta grill yang dikembangkan oleh divisi M.

Meskipun bagian dalam belum ditampilkan, Seri-5 kemungkinan akan memiliki desain kabin yang serupa seperti tipe lainnya. Interior akan dilengkapi dengan kluster instrumen berukuran 12,3 inci dan layar infotainment berukuran 14,9 inci. Kemungkinan juga ada peningkatan pada bantalan jok dan revisi trim untuk memberikan sentuhan yang lebih sporty.

Meskipun memiliki kap yang panjang, diperkirakan mobil ini tidak akan mengusung mesin V8. Nantinya, Seri-5 Touring dibekali dengan teknologi mild-hybrid 48V dengan sistem penggerak yang sama dengan model XM digabungkan dengan mesin 4,4 liter twin-turbo, membuat bobotnya menjadi lebih berat.

Selain varian mild-hybrid, generasi terbaru Seri-5 Touring akan tersedia dengan sistem plug-in hybrid (PHEV) dan untuk pertama kalinya dalam bentuk kendaraan listrik (EV) dengan nama i5 Touring. Mobil ini akan diluncurkan secara global pada Februari 2024 mendatang.

BMW Seri-5 Touring akan menjadi pesaing bagi Audi RS6 Avant sebagai wagon performa tinggi terbaru dari Jerman. Model RS6 Avant memiliki desain bodi yang lebih agresif dari sebelumnya yang menunjang kebutuhan performanya.

Foto 1 : 

Foto 2 : 

(sumber semua foto : BMW Group)