Vitor Roque Menangkan Barcelona Sejak Pengumuman Mundurnya Xavi
Striker Barcelona Vitor Roque merayakan gol yang dicetaknya saat melawan Osasuna. (X/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Striker anyar Vitor Roque mengantarkan Barcelona meraih kemenangan sejak pengumuman mundurnya pelatih Xavi Hernandez. Dalam duel La Liga Spanyol di kandang sendiri di Olimpic Lluis Companys, Kamis, Februari 2024 dini hari WIB, Barca mengalahkan Osasuna 1-0.

Roque mulai unjuk kemampuan sebagai penyerang andalan anyar Barca. Pemain yang baru bergabung dari Athletico Paranaense awal Januari 2024 berhasil memecah kebuntuan Barca saat menghadapi Osasuna.

Dirinya baru masuk menggantikan Fermin di menit 62. Dan, hanya berselang satu menit, Roque sudah membobol gawang lawan.

Gol striker berusia 18 ini tercipta lewat sundulan setelah menyambut umpan silang Joao Cancelo.

Ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan tersebut. Sampai akhir laga, Blaugrana tak bisa menambah gol dan memenangkan laga dengan skor 1-0.

Performa gemilang Roque menjadikan Xavi memberi pujian. Apalagi gol dia membawa Barca kembali ke jalur menang, terutama setelah Xavi mengumumkan pengunduran diri usai kekalahan 5-3 dari Villarreal.

"Tiga poin yang penting. Kami menunjukkan reaksi yang bagus dan tepat lewat gol Vitor Roque. Kami juga bisa clean sheet di pertandingan ini," ucap Xavi yang juga menyoroti kinerja striker veteran Robert Lewandowski karena kembali gagal mencetak di laga tersebut.

Xavi berharap Lewandowski bisa menunjukkan ketajamannya. Mantan penyerang Bayern Munchen ini terakhir kali membobol gawang lawan di kompetisi domestik pada Desember 2023.

Saat itu Barca dipaksa menyerah Girona 4-2. Gol dia yang sempat menyamakan skor menjadi 1-1 gagal menyelamatkan tim dari kekalahan.

"Kami sudah bicara banyak dengan Lewandowski pekan ini. Dia memang harus memberi lebih banyak gol. Dia harus bisa menjadi pembeda. Pemain depan jelas butuh gol," kata Xavi.

Kemenangan atas Osasuna menjadikan Barca kembali ke peringkat tiga dengan menggeser Atletico Madrid di klasemen sementara.

Barca mengantungi poin 47 dan masih terpaut delapan poin dengan Girona yang menduduki posisi teratas.

Sementara di peringkat dua ada Real Madrid yang memiliki poin 54. Namun Madrid masih menyimpan satu pertandingan.

Osasuna sendiri masih tertahan di papan tengah. Kini, mereka menempati peringkat 12 dengan memiliki 26 poin. Sama dengan Deportivo Alaves tetapi Osasuna kalah selisih gol.