Marquez Gugup Bakal Debut di Ducati dan Tak Bersedia Bandingkan dengan Honda
Marc Marquez membela Gresini Racing di MotoGP 2024 (Instagram/@gresiniracing).

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap MotoGP, Marc Marquez, bakal menjalani debut bersama tim Satelit Ducati, Gresini Racing, pada musim 2024. Mengarungi musim baru dengan tim baru, rasa gugup tak dapat disembunyikan Marquez.

“Saya merasa gugup, rasanya seperti ada kupu-kupu di dalam perut saya,” ungkap MRc Marquez dikutip dari laman resmi MotoGP pada Rabu, 10 Januari 2024.

“Meskipun saya sudah berada di kejuaraan ini (MotoGP) selama bertahun-tahun, ini merupakan sebuah perubahan besar,” ujarnya menambahkan.

Meski mengaku gugup, Marquez berusaha untuk menerima dan menikmati situasi yang ada di depan mata.

Bagi pebalap asal Spanyol itu, situasi ini lumrah terjadi. Dia hanya harus berusaha sedikit lagi untuk bisa beradaptasi.

“Saya mencoba memahami segalanya dengan tim teknis baru dan motor baru saya. Pada akhirnya, saya melompat ke motor pemenang. Jadi, setelahnya, ada di tangan saya,” ujar Marquez.

Sebelum musim 2024 dimulai, juara MotoGP enam kali itu telah melakukan sesi uji coba bersama Gresini selepas balapan final motoGP 2023 di Valencia.

Marquez mengaku puas dengan tunggangan di tim baru meski ada sedikit penyesuaian yang harus dihadapi untuk balapan musim baru pada Maret 2024.

“Itu (uji coba) adalah hari adaptasi, terutama terkait posisi motor. Kami mengubah beberapa hal karena di beberapa area saya tidak merasa nyaman sepenuhnya. Namun, kecepatannya tetap ada,” kata Marquez.

“Saya memahami motor dan cara mengaturnya. Saya masih harus banyak belajar, mungkin bukan untuk melaju lebih cepat, melainkan untuk menjadi lebih konsisten dan lebih aman,” tuturnya.

Selepas menjalani uji coba bersama motor barunya, pertanyaan soal perbandingan dengan tim lamanya, Honda, jelas tak terelakkan. Marquez disinggung soal motor RC213V yang bertahun-tahun ditungganginya di Honda.

Namun, sang pebalap memilih menjawab dengan bijak. Marquez menolak untuk membagikan pemikirannya terkait topik tersebut.

“Saya tidak suka membandingkan sepeda motor, terutama di depan umum. Ini adalah motor yang berbeda, dengan gaya berkendara berbeda,” kata pebalap dengan nomor 93 itu.

“Ada hal-hal yang perlu dipahami pada tingkat posisi dan komunikasi dengan tim. Ini logis karena saya telah bekerja dengan grup yang sama selama 11 tahun."

"Mereka menerima saya dengan sangat baik. Semuanya sangat menyenangkan dan ini membantu saya menjadi lebih baik dan santai,” kata dia.

Setelah uji coba pertama, sesi uji coba MotoGP 2024 kedua akan digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada 6-8 Februari 2024.

Balapan pembuka MotoGP 2024 akan ditandai dengan balapan pertama di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada 8-11 Maret 2024.